EkonomiEntertainmentFinansialLiputanNasional

Bekraf Gandeng MyBank Kembangkan Usaha Ekonomi Kreatif

BTN iklan

JAKARTA, 29/3 (LEI) – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggandeng PT Bank Maybank Indonesia Tbk untuk memberikan dukungan pengembangan bagi pelaku ekonomi kreatif nasional.

Kerja sama kedua instansi itu tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani oleh Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo dan Direktur Community Financial Services (CFS) Maybank Indonesia Jenny Wiriyanto, di Jakarta, Kamis.

“Ini pertama kali kami MoU dengan bank swasta untuk pelaku ekonomi kreatif. Sebelumnya kebanyakan dengan bank BUMN,” kata Fadjar.

Dengan kerja sama ini, pelaku ekonomi kreatif jaringan Bekraf berpeluang mengakses layanan produk dan jasa perbankan konvensional maupun syariah Maybank Indonesia, sebagai salah satu sumber pembiayaan perbankan untuk mengembangkan usaha pelaku ekonomi kreatif sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selain memberikan akses permodalan, Bekraf juga bekerjasama dengan Maybank Indonesia untuk memberikan edukasi dalam bentuk sosialisasi terkait perbankan kepada pelaku ekonomi kreatif jaringan Bekraf.

“Ini simbiosis mutualisme yang bermanfaat. Apalagi dalam fitur dari perbankan ini untuk menyediakan ‘accounting services’, pendampingan keuangan untuk pelaku-pelaku tadi,” katanya.

Fadjar menjelaskan akses permodalan bagi pelaku ekonomi kreatif memiliki tantangan tersendiri karena basis utama asetnya yang berupa kekayaan intelektual.

Karena asetnya yang tidak berwujud, kredit perbankan bagi pelaku ekonomi kreatif menjadi sulit diraih, terutama dengan prosedur keharusan adanya jaminan.

Fadjar mengatakan seharusnya ada solusi untuk meningkatkan inklusi keuangan para pelaku ekraf sekaligus meningkatkan produktivitas mereka.

Teknologi digital, lanjut dia, seharusnya juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kredibilitas pelaku ekraf sehingga perbankan memiliki keyakinan soal rekam jejak mereka.

“Kami harap kerja sama ini menjadi tonggak untuk mewujudkan ekonomi kreatif sehingga menjadi tulang punggung ekonomi Indoensia di masa mendatang,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Jenny mengatakan dengan kerja sama tersebut, pelaku ekonomi kreatif diberikan kemudahan membuka rekening secara online dan menikmati fitur layanan sesuai dengan kebutuhan pelaku bisnis dalam jaringan Bekraf.

“Termasuk diantaranya aplikasi pengelolaan keuangan berbayar untuk memudahkan transaksi harian,” katanya.

Selain melakukan penandatanganan kerja sama dengan Bekraf, Maybank Indonesia juga meluncurkan kartu ATM/debit pertama berlogo nasional sesuai aturan mengenai Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Kartu ATM/debit berlogo nasional itu diklaim sebagai kartu GPN pertama yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi jual beli online dengan jaringan domestik.

“Anggota (jaringan) Bekraf akan jadi prioritas kami untuk dapatkan kartu GPN ini,” pungkasnya. [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami