Internasional

Belgia Kirim Duta Besar Wanita Pertama Ke Saudi

BTN iklan

Beirut, lei- Kerajaan konservatif Arab Saudi, yang dikritik karena pengekangan terhadap wanita, akan memiliki wanita duta besar pertama di Riyadh dengan Belgia mengangkat perempuan utusannya, kata media Belgia.

Belgia akan mengirimkan Dominique Mineur, yang saat ini menjabat duta besar untuk Uni Emirat Arab, ke Riyadh pada musim panas mendatang, kata berita setempat, yang menjadikannya wanita duta besar pertama di kerajaan tersebut.

Arab Saudi dikenal sebagai salah satu negara dengan pemisahan gender terbesar terhadap warganya di dunia, tempat perempuan hidup di bawah pengawasan wali laki-laki dan di depan umum harus mengenakan pakaian tertutup dari tangan ke kaki.

Arab Saudi berada di peringkat 138 dari 144 negara dalam Jurang Gender Global 2017, kajian Forum Ekonomi Dunia tentang peranserta perempuan dalam ekonomi, politik, kesehatan dan pendidikan.

Kerajaan Muslim sangat konservatif tersebut mengumumkan rancangan reformasi baru-baru ini, termasuk mengizinkan wanita mengendarai mobil, truk dan mengendarai sepeda motor tahun depan, setelah menjadi satu-satunya negara di dunia yang melarang wanita untuk berada di jalanan.

Penunjukan Mineur, selain laporan bahwa negara Eropa juga akan mengirim duta besar wanita ke Teheran, belum diumumkan secara resmi oleh kementerian luar negeri Belgia.

Namun, dalam sebuah pidato di Brussels pada Senin, Menteri Luar Negeri Belgia Didier Reynders mengatakan, keputusan untuk menunjuk utusan perempuan ke tempat-tempat seperti Teheran dan Riyadh, “seharusnya sudah jelas”.

“Itu bukti lebih lanjut tentang dukungan hak perempuan di negara tersebut, namun di atas segalanya, itu adalah kesediaan kami mengirim orang paling mumpuni pada jabatan semakin penting di kancah dunia,” demikian Reynders.  (Antara/Thomson Reuters)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami