Liputan

Beranda – Gubernur Kaltara: Aktifkan Siskamling Antisipasi Teroris

BTN iklan

TANJUNG SELOR, KALTARA, 20/5 (LEI) – Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie menyerukan pengaktifan kembali siskamling (sistem keamanan lingkungan) mengantisipasi terjadi aksi terorisme.

Irianto di Tanjung Selor, Kaltara, Minggu, berpendapat untuk mencegah aksi radikalisme dan terorisme dibutuhkan keterlibatan semua pihak termasuk ketua RT dengan mengaktifkan pos siskamling.

“Pencegahan aksi radikalisme dan terorisme butuh sikap dan komitmen kita untuk mencegah di daerah masing-masing,” ujar Gubernur.

Aksi terorisme yang terjadi di Indonesia sebelum bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah di Jawa Timur dan Riau menjadi perhatian serius pemerintah pusat hingga daerah.

Karena itu, menurutnya, berbagai langkah antisipasi perlu dilakukan seperti pengaktifan ronda malam pada pos siskamling pada setiap RT (rukun tetangga).

Dalam pengaktifan siskamling ini, maka peran ketua RT turut dimaksimalkan dalam menjaga dan memantau keamanan di lingkungannya.

Ia menambahkan, Provinsi Kaltara yang letaknya berada di wilayah perbatasan dengan Malaysia diupayakan dalam kondisi kondusif dan aman.

Kejadian aksi terorisme melalui bom bunuh diri di sejumlah gereja dan kantor polisi tersebut sangat disesalkan Gubernur Kaltara, karena turut mengorbankan orang-orang tak berdosa.

Padahal, tidak ada agama yang membenarkan aksi semacam itu. Untuk itu, Irianto mengajak seluruh lapisan masyarakat agar tidak terpancing, tidak terprovokasi dengan peristiwa tersebut.

“Mari jaga keamanan lingkungan tempat tinggal masing-masing dengan mengaktifkan pos siskamling,” ujar dia lagi.

Dia pun berharap, masyarakat harus peka, punya rasa empati dan kepedulian terhadap lingkungannya.

Cara lain mengantisipasi masuk paham radikalisme dan terorisme di Kaltara adalah mendata warga pendatang agar deteksi dini berjalan baik. [antara]

Budisantoso Budiman

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami