BTN iklan
InternasionalTekno

Berdirinya Negara Arab Saudi Peristiwa Bersejarah bagi Umat Islam

JAKARTA (LEI) – Kedutaan Besar Arab Saudi menggelar acara National Day of Kingdom of Saudi Arabia ke-88 di Hotel Sultan, Jakarta Pusat. Pada acara tersebut, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Muhammad al Shuaibi mengatakan, terbentuknya negara kerajaan tersebut pada 23 September 1923 adalah peristiwa bersejarah bagi dunia Arab dan umat Islam pada umumnya.

Negara Arab Saudi didirikan oleh Raja Abdulaziz al Saud pada 23 September 1923 dengan tujuan menyatukan suku-suku di Jazirah Arab. Hal tersebut dilakukan guna menciptakan keamanan dan memberikan kenyamanan bagi umat Islam yang hendak mengunjungi Dua Kota Suci, Makkah dan Madinah.

“23 September 1923 merupakan peristiwa bersejarah bagi Dunia Arab dan umat Islam pada umumnya. Kerajaan Arab Saudi terbentuk dengan tujuan menyatukan suku-suku yang ada dan menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi Dua Kota Suci Makkah dan Madinah,” ucap Dubes Osama pada pidatonya, Senin (24/9/2018).

Foto: Okezone/Wikanto Arung

Ia kemudian menyampaikan harapan agar Arab Saudi dan Indonesia dapat meningkatkan hubungan bilateral lebih lanjut ke berbagai bidang. Peningkatan tersebut diyakini dapat memberi manfaat bagi kedua bangsa, negara, dan umat Islam.

Osama mengatakan, dampak positif kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz al Saud ke Indonesia pada 1-3 Maret 2017 dapat terlihat pada penandatanganan 11 nota kesepahaman.

Menurutnya, Indonesia merupakan mitra perdagangan dan ekonomi yang sangat penting, salah satunya terkait penyelenggaraan ibadah haji.

“Saya mengapresiasi terbentuknya ‘Jalan ke Makkah’ bagi jamaah haji. Inisiatif tersebut mempersingkat proses imigrasi bagi jamaah haji asal Indonesia yang terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat tiba di Tanah Suci,” imbuh Osama.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, yang mewakili pemerintah, juga mengapresiasi upaya pemerintah Arab Saudi memperhatikan jamaah haji Indonesia. Salah satu yang disorot adalah peningkatan kuota haji bagi masyarakat Indonesia atas izin dari Raja Salman.

Selain dihadiri Jonan, pada acara tersebut juga terlihat berbagai tokoh nasional seperti Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon; Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; dan Calon Presiden Prabowo Subianto. Para tamu undangan VIP itu lantas diundang ke atas panggung untuk mengikuti prosesi tari pedang khas Arab Saudi. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close