Liputan

Berkenalan dengan DANA, Startup yang Hadirkan Masa Depan Pembayaran Digital di Indonesia

BTN iklan

(LEI)-Bayangkan Indonesia di masa depan, di mana orang tak perlu lagi mengandalkan uang tunai sebagai alat pembayaran dan transaksi. Tak ada lagi antrean panjang di depan ATM (anjungan tunai mandiri) dan kasir supermarket, serta waktu yang terbuang untuk membeli tiket serta membayar berbagai tagihan. Tak ada lagi yang dipusingkan dengan dompet tebal berisi bermacam-macam kartu dari berbagai merchant.

Berkat kecanggihan teknologi, semua transaksi dan pembayaran dapat dilakukan secara nontunai dan tanpa kartu melalui sebuah aplikasi “dompet digital” yang ada di smartphone setiap orang. Kita pun tak perlu merasa was-was saat dompet tertinggal di rumah, karena dompet digital telah menggantikan fungsi dompet fisik. Cukup lewat smartphone, pengguna bisa melakukan pembayaran digital dengan mudah, aman, dan dalam waktu sangat singkat.

Indonesia, negeri digital yang bebas dari kerumitan transaksi pembayaran dan keuangan—DANA ingin mewujudkan hal tersebut melalui dompet digital yang mereka kembangkan. Untuk tahu lebih jauh mengenai DANA, kami berkesempatan untuk mengobrol bersama CEO DANA, Vincent Henry Iswaratioso.

Mengenal DANA dan open-platform payment

Pembayaran Digital | CEO DANA

CEO DANA Vincent Henry Iswaratioso sempat berbagi cerita tentang open-platform payment kepada tim Tech in Asia Indonesia.

Berdiri pada tahun 2017, DANA merupakan startup yang menyediakan infrastruktur yang memungkinkan masyarakat Indonesia untuk melakukan pembayaran digital serta transaksi secara nontunai dan non-kartu. Vincent secara tegas menyebut DANA sebagai startup di bidang teknologi finansial (tekfin), yakni perusahaan teknologi yang membangun teknologinya untuk sektor finansial.

Lebih jauh, Vincent menekankan bahwa DANA berbeda dengan layanan transaksi keuangan digital lainnya. Dompet digital DANA hadir dengan konsep open-platform. Artinya, DANA dapat masuk dan digunakan dalam berbagai platform yang berbeda—baik offline maupun online—tapi tetap terintegrasi. DANA juga sudah dapat digunakan di beberapa platform dan aplikasi seperti Bukalapak, TIX ID, serta BBM, dan akan hadir di berbagai merchant lainnya.

Konsep open platform ini, selain memungkinkan dompet digital DANA terhubung dengan berbagai bentuk alat pembayaran, seperti saldo online, kartu debit dan kartu kredit, serta voucher, juga memungkinkan DANA dimanfaatkan oleh berbagai sektor, termasuk pendidikan, layanan publik, layanan sosial, hingga pedagang kaki lima.

Dengan konsep terbuka tersebut, DANA ingin menjadi infrastruktur teknologi dan pembayaran digital yang dapat membawa masyarakat Indonesia ke dalam ekosistem keuangan inklusif.

Pembayaran Digital | DANA di Bukalapak

DANA sebagai salah satu pilihan pembayaran di situs marketplace Bukalapak.

Pembayaran tanpa hambatan di Indonesia

Transaksi dengan uang tunai sering kali dianggap menyulitkan dan tidak praktis. Tidak dapat dimungkiri, pemain yang menyediakan platform payment gateway di Indonesia makin beragam. Meski baru diperkenalkan pada Maret lalu, DANA optimistis dapat memenangkan persaingan di pasaran.

Pembayaran Digital | Bekerja Bersama 1

Dengan tim yang penuh dengan integritas, DANA berusaha menghadirkan solusi yang seamless bagi pengguna mereka.

Saat ini, DANA hanya berfokus pada pembayaran digital. Menurut Vincent, DANA berkonsentrasi untuk menghadirkan user experience yang mudah serta tepat guna.

Di samping kemudahan transaksi, keamanan transaksi juga menjadi fitur andalan DANA. Kini, DANA berusaha mengembangkan produknya untuk menjadi aplikasi yang paling aman dan tepercaya. “Karena layanan yang diberikan oleh DANA menyangkut uang, maka solusi yang dihadirkan harus sangat aman,” ujar Vincent.

Infrastruktur DANA memiliki tingkat keamanan tinggi, selevel dengan tingkat keamanan perbankan. DANA juga memiliki Data Center (DC) dan Data Recovery Center (DRC) di Indonesia, yang diklaim termasuk paling canggih dan mumpuni dalam menangani skalabilitas transaksi yang tinggi.

Menerapkan diskusi terbuka

Pembayaran Digital | Bekerja Bersama 2

Penerapan kultur dalam perusahaan dan kolaborasi antarkaryawan merupakan hal yang terpenting di DANA.

Meski belum lama beroperasi di Indonesia, DANA memandang kultur sebagai hal yang sangat penting dalam keberlangsungan perusahaan. Berbagai poin seperti integritas, passion, rendah hati, menerima perubahan, kerja tim, dan proaktif menjadi kultur yang sudah ditekankan sejak karyawan bergabung dengan DANA.

Di balik kultur yang telah berjalan saat ini, Vincent menyebutkan komunikasi sebagai kunci yang ia pegang sejak awal. Tiap Senin, para karyawan akan berkumpul dalam Monday Demo Presentation. Di sini, seluruh karyawan akan mendengarkan perwakilan dari setiap tim mempresentasikan apa yang telah mereka lakukan dalam seminggu ke belakang serta apa yang akan mereka lakukan ke depan.

Para karyawan DANA terdiri dari para profesional yang memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing. “Di kantor, mereka punya kesempatan untuk belajar, berbagi ide dan pengetahuan, serta berkolaborasi dengan orang-orang yang ahli di bidangnya. Setiap karyawan juga bisa mendapat kesempatan untuk memimpin project tertentu, tanpa dibatasi oleh title dan posisi mereka,” papar Vincent.

Pembayaran Digital | Sawah

Di area terbuka bernama Sawah inilah DANA menggelar Monday Demo Presentation dan Monthly Townhall yang dihadiri oleh seluruh karyawan.

DANA juga menggelar townhall meeting setiap bulan. Selain itu, ada pula CEO Chat yang diadakan secara rutin setiap minggu. Dalam sesi berformat fireside chat ini, beberapa karyawan baik junior maupun senior akan dipilih secara acak untuk berdiskusi langsung bersama CEO.

“Dalam sesi ini, setiap karyawan yang hadir dapat berdiskusi dan mengajukan pertanyaan apapun kepada saya,” ungkap Vincent.

Pembayaran Digital | Keriaan DANA 1Pembayaran Digital | Keriaan DANA 2

Pembayaran Digital | Keriaan DANA 3

Keseruan di antara karyawan DANA yang penuh dengan energi.

Saat ditanya tentang apa yang menjadi bagian terfavoritnya bekerja di DANA, Vincent menyebutkan energi. “Kalau kamu datang ke kantor pada hari Senin, kamu akan merasakan energi dari semua orang. Mereka di sini untuk mengerjakan sesuatu yang besar,” ujarnya.

Siap hadapi tantangan untuk misi besar di Indonesia

Pembayaran Digital | Ruangan Bernuansa Kemerdekaan

Semarak kemerdekaan RI di bulan Agustus mewarnai elemen desain yang ada di kantor DANA.

Keseriusan DANA dalam membawa Indonesia ke era pembayaran digital ini juga terlihat pada desain kantor mereka yang unik. Sewaktu memasuki kantor yang terletak di Capital Place lantai 18 ini, kita akan disambut dengan desain yang penuh dengan elemen Indonesia dan dominasi material kaca.

Diakui oleh Vincent, pemilihan konsep desain ini memang bertujuan membawa elemen khas Indonesia ke dalam bentuk modern. Sementara penggunaan kaca dimaksudkan sebagai sarana tulis bagi mereka yang menemukan ide tanpa kenal waktu.

Pembayaran Digital | Meeting 1

Pembayaran Digital | Meeting 2

Hampir seluruh ruang rapat dihiasi dinding kaca untuk mempermudah karyawan menuangkan berbagai ide mereka.

Elemen khas nusantara juga terlihat jelas pada ornamen-ornamen kayu dari Bali dan pemilihan kain bercorak batik di pilar-pilar dan sleeping pod di kantor DANA. Penamaan tempat-tempat di kantor ini pun sengaja menggunakan lokasi geografis di Indonesia, seperti gunung, hutan, pulau, dan sawah.

Pembayaran Digital | Sleeping Pod

Bosan bekerja di depan meja? Karyawan DANA dapat memilih untuk bekerja di sleeping pod. Tempat ini juga dapat digunakan oleh karyawan yang ingin beristirahat sejenak dari pekerjaan.

Saat ini, DANA telah memiliki lebih dari 200 orang karyawan. Jumlah ini akan bertambah seiring dengan kebutuhan DANA untuk terus mengembangkan teknologi serta layanan transaksi dan pembayarannya bagi masyarakat Indonesia. Di tengah kompetisi yang kian ketat di industri teknologi, talenta yang memiliki kemauan keras untuk belajar dan berubah diharapkan mampu bersaing dan menghadapi berbagai tantangan. (idtechinasia)

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close