BTN ads
Internasional

Berusaha Jual Rudal ke Iran, Warga AS-Iran Divonis 25 Tahun Penjara

NEW YORK (LEI) – Seorang pria berkewarganegaraan ganda Iran-Amerika Serikat (AS) divonis 25 tahun penjara setelah dinyatakan bersalah atas tuduhan berupaya membeli rudal darat ke udara dan komponen pesawat untuk Pemerintah Iran yang merupakan pelanggaran atas sanksi AS. Vonis tersebut dijatuhkan oleh Hakim Pengadilan Distrik AS, Loretta Preska di Manhattan terhadap Reze Olangian.

Hukuman yang dijatuhkan terhadap pria berusia 57 tahun itu adalah hukuman minimum yang mungkin diberikan menurut hukum federal AS.Jaksa penuntut meminta hakim untuk menjatuhkan hukuman yang lebih berat terhadap Olangian, namun Hakim Preska menilai hukuman yang lebih lama tidak diperlukan.

“Saya pikir Hakim Preska melihat bahwa 25 tahun adalah waktu yang sangat lama dan bahwa tindakan Olangian tidak seburuk itu,” kata Pengacara Olangian, Gregory Morvillo kepada Reuters, Kamis (15/3/2018).

Olangian telah didakwa oleh juri pada November 2016 atas kejahatan yang dilakukannya termasuk berkomplot untuk memperoleh dan mengirimkan rudal anti pesawat udara.

Morvilo mengatakan bahwa kliennya akan mengajukan banding terhadap putusan hakim tersebut. Pihak Olangian mengatakan bahwa mereka adalah musuh dari Pemerintah Iran dan upaya jual beli senjata yang dilakukan adalah sebuah operasi jebakan untuk mengungkap upaya Iran dalam menghindari sanksi AS.

Olangian lahir di Iran dan datang ke AS sebagai pelajar pada 1979. Dia kemudian menjadi warga negara AS pada 1999 sebelum kembali ke Iran pada 2004.Berdasarkan catatan pengadilan, Olangian ditangkap di Estonia pada Oktober 2012 dan diekstradisi ke AS menyusul operasi jebakan yang digelar oleh Badan Pengendalian Narkotika AS . (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close