EkonomiFinansial

BI Intervensi ‘Sangat Kuat’, Rupiah Menguat Tipis

BTN iklan

Jakarta (lei) – Bank Indonesia (BI) mengaku sudah melakukan intervensi pada pagi ini guna menjaga volatilitas nilai tukar rupiah. Pada perdagangan pagi ini, nilai tukar rupiah menguat tipis 0,01 persen ke level Rp14.933 per dolar AS dibanding penutupan perdagangan kemarin Rp14.933 per dolar AS.

“Kami pagi ini sudah intervensi sangat kuat,” ujar Kepala Departemen Pengelolaan BI Nanang Hendarsah di Jakarta, Rabu (5/9).

Nanang menyebut intervensi dilakukan BI di pasar valuta asing (valas) maupun surat berharga negara (SBN).Sepanjang tahun ini, Bank Indonesia mengaku telah menggelontorkan Rp87,88 triliun guna menstabilkan nilai tukar rupiah melalui pasar SBN. Stabilisasi di pasar SBN dilakukan di pasar primer maupun sekunder.

Analis sekaligus Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim sebelumnya memperkirakan pergerakan mata uang garuda akan berakhir melemah pada hari ini. Hal ini lantaran belum ada sentimen positif yang mampu menopang rupiah.

“Potensi rupiah sampai ke Rp15.000 per dolar AS sangat terbuka, karena sekarang saja sudah bergerak melewati Rp14.900 per dolar AS,” jelasnya. Ibrahim mengatakan bila rupiah terlanjur menyentuh level Rp15.000, maka upaya stabilisasi rupiah akan lebih sulit. Untuk itu, pemerintah dan Bank Indonesia (BI) dinilai perlu lebih keras mengupayakan agar rupiah dapat segera menguat.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

7 Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami