EkonomiHEADLINESHukumNasionalRegulasiTekno

Bikin Izin Usaha Cukup Online Single Submision

BTN iklan

JAKARTA, LEI – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah memastikan sistem Online Single Submission (OSS) atau Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara elektronik telah dapat digunakan sejak tanggal 29 Juli 2018.

“Mulai saat ini, izin-izin yang dikeluarkan sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah 24 Tahun 2018 dan belum diterbitkan izin, yang akan diproses dengan sistem elektronik atau OSS,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat sosialisasi OSS di Hotel Borobudur, Jumat (29/6/2018).

Pemerintah meluncurkan sistem perizinan terpadu Online Single Submission di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, di Jakarta, pada hari Senin, 9 Juli 2018, lalu.

Darmin berujar OSS hadir dalam rangka pelayanan perizinan berusaha yang berlaku di semua Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia, yang selama ini dilakukan melalui Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Selain melalui PTSP, masyarakat dapat mengakses Sistem OSS secara daring di mana pun dan kapan pun.

Untuk badan usaha hanya perlu mengurus legalitas melalui notaris dan untuk perseorangan hanya menggunakan NIK. Setelah registrasi kita akan mendapat Nomer Induk erusaha (NIB). Setelah itu lengkapi data. Setelah selesai akan mendapat Surat Izin Sektoral.

Selanjutnya upload dokumen pemenuhan standart SNI dan standart lainnya. Setelah selesai kita bisa langsungĀ  usaha dan akan mendapat NPWP, BPJS, Kepstian Fasilitas Fiskal, hingga akses ke Pabean.

Waktu yang diperlukan kurang dari satu jam. Jika dokumen lain belum beres ada jeda waktu yang diberikan untuk melengkapi berkas.

Untuk mengajukan melalui sistem OSS hanya perlu klik di www.oss.go.id dimanapun kita berada, mudah, fleksible dan efisien.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close