Finansial

Bitcoin Sudah Legal di Jepang

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Badan Layanan Keuangan Jepang (FSA) secara resmi mengakui 11 perusahaan sebagai operator pertukaran kriptocurrency terdaftar pada Jumat (29/9/2017).

Pendaftaran tersebut menempatkan beberapa persyaratan pada perusahaan, seperti membangun sistem komputer yang kuat dan memeriksa identitas pengguna untuk mencegah pencucian uang. Peraturan ini dimaksudkan untuk melindungi investor dari kecurangan dan penyalahgunaan lainnya, sekaligus mendukung inovasi teknologi keuangan.

Salah satu perusahaan yang terdaftar tersebut bernama bitFlyer, yang memiliki lebih dari 800.000 pengguna, menurut perusahaan tersebut. CEO perusahaan tersebut, Yuzo Kano, mengatakan bahwa aturan baru ini menempatkan posisi Jepang sebagai pusat untuk bitcoin.

“Jepang telah meledak dengan permintaan untuk perdagangan bitcoin maupun layanan mata uang virtual,” kata Kano dalam siaran persnya seperti dikutip dari cnbc.com.

“Persetujuan FSA untuk bitFlyer untuk beroperasi sebagai Registered Virtual Currency Exchange, dan keterbukaan lembaga dan peraturan berpikir ke depan tidak dapat datang pada waktu yang lebih baik untuk ruang blokir,” lanjutnya.

Blockchain adalah leger digital yang tersebar di seluruh jaringan. Ini digunakan di ruang kriptokurensi untuk mencatat secara aman setiap transaksi antara pengguna.

Inilah keputusan terakhir di Jepang untuk menunjukkan dukungan terhadap mata uang digital. Pada bulan April, undang-undang tersebut mengakui undang-undang yang mengakui bitcoin sebagai tender legal, dengan beberapa peritel mendukung undang-undang tersebut. Minggu ini dilaporkan bahwa bank-bank Jepang sedang mempertimbangkan untuk menyiapkan mata uang digital mereka sendiri yang disebut J-Coin.

Sikap Jepang sangat berbeda dengan China, di mana regulator telah melakukan retakan di pasar. Pada awal September, regulator melarang penawaran koin awal (initial coin offering / ICOs), di mana perusahaan mengumpulkan dana dengan menjual mata uang digital baru. Beberapa bursa bitcoin kemudian mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri perdagangan pada akhir bulan.

Berita dari China pada awalnya menyebabkan harga bitcoin turun tajam, dari rekor tertinggi di atas US$5.000 per bitcoin pada awal September menjadi rendah di US$2.951 pada pertengahan September. Harga sejak pulih menjadi sekitar US$4,208.63, menurut data CoinDesk.

Bagian dari alasan jatuhnya tajam adalah China dulu menjadi pendorong utama pasar bitcoin. Antara 2014 dan Januari 2017, pasar China mencapai sekitar 90 persen volume perdagangan bitcoin global.

Namun, volume perdagangan sekarang lebih banyak didistribusikan di seluruh dunia daripada sebelumnya, dengan perdagangan dolar A.S. dan yen Jepang melebihi yuan China, menurut data CoinDesk.

Tidak hanya itu, tapi pasar sekarang beralih dari China. Investor China sekarang memperdagangkan bitcoin secara langsung satu sama lain pada platform dan aplikasi peer-to-peer daripada bursa menurut Reuters.

Sebenarnya, harga bitcoin dalam mata uang China sekarang diperdagangkan dengan harga diskon untuk bitcoin dalam mata uang lain, yang telah menciptakan peluang arbitrase bagi beberapa investor. Misalnya, harga bitcoin dalam yuan China adalah 26.499 (setara dengan US$3.989,13), dibandingkan dengan harga dolar AS dolar sebesar US$4,208.63.

“Jepang dan AS, telah membuktikan China tidak perlu untuk mendapatkan bitcoin,” kata Charles Hayter, chief executive dan pendiri situs perbandingan mata uang digital Crypto Compare. [inilah]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

4 Komentar

  1. Hi superb website! Does running a blog similar to this require a great deal
    of work? I have absolutely no expertise in coding however I had been hoping to start my own blog soon. Anyhow, if you have any suggestions or tips for new blog owners please
    share. I understand this is off topic but I just had to ask.

    Thanks!

  2. Do you have a spam issue on this site; I also am a blogger, and
    I was wanting to know your situation; we have developed some nice practices and we are looking to trade methods with others,
    why not shoot me an email if interested.

  3. Hi there, I discovered your blog by the use of Google whilst looking for a comparable topic, your site got
    here up, it appears to be like good. I’ve bookmarked it in my google bookmarks.

    Hi there, just was aware of your blog through Google, and located that it is truly
    informative. I am going to watch out for brussels. I’ll appreciate in case you
    continue this in future. Many other folks shall be benefited out of your writing.
    Cheers!

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami