Nasional

BNN Tekan Penyelundupan Narkoba Asal China

BTN iklan

Gerakan Nasional Anti Narkotika Sumatera Utara minta kepada Badan Narkotika Nasional, agar dapat menekan sekecil mingkun kegiatan penyelundupan narkoba asal China yang masuk ke Indonesia.

“Sebab selama ini, narkoba jenis sabu-sabu asal China banyak yang diseludupkan ke Tanah Air,” kata Ketua DPD Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Sumut, Hamdani Harahap,SH,MH,di Medan, Minggu.

Selain itu, menurut dia, sindikat narkotika asal China, juga banyak berada di Indonesia untuk menjalankan bisnis “haram” yang ilegal, dan dilarang oleh Pemerintah.

“Hal tersebut, dibuktikan karena banyaknya narkoba asal China yang diseludupkan ke Indonesia, dan berhasil disita petugas Badan Narkotika Nasional (BNN), Polri, serta Bea dan Cukai,” ujar Hamdani.

Ia menyebutkan, BNN mengadakan kerja sama dengan Komisi Nasional Pengendalian Narkotika (National Narcotics Control Commission of China/NNCC) China dalam pemberantasan narkoba, merupakan langkah yang sangat tepat.

Karena, dengan adanya kerja sama antarkedua negara tersebut, maka BNN dapat lebih mudah memantau pergerakan narkoba dari Negeri “Tirai Bambu” yang diselundupkan ke Indonesia.

“Kemudian, BNN dapat mengetahui dengan jelas dari NNCC China mengenai kelompok atau jaringan penyelundupan narkoba dari negara tersebut, yang selama ini sebagai pemasok obat-obat berbahaya itu ke Indonesis,” ucapnya.

Hamdani menambahkan, BNN juga bisa mendata nama-nama mafia narkoba dari Tiongkok, dan perwakilan mereka yang berada di Asia Tenggara, maupun Indonesia.

Hal ini dilakukan, dan bertujuan untuk memudahkan melakukan pencegahan barang terlarang tersebut masuk dengan bebas ke Indonesia.

Narkoba yang sering masuk ke Indonesia, banyak berasal dari Tiongkok, dan sebelumnya dari Thailand, Malaysia dan beberapa negara lainnya.

“Kerja sama BNN-NNCC China dapat lebih ditingkatkan dalam penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di kedua negara tersebut,” kata Direktur “Citra Keadilan” itu.

Sebelumnya, Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerjasama dengan Komisi Nasional Pengendalian Narkotika (National Narcotics Control Commission of China/NNCC) China dalam pemberantasan narkoba.

Delegasi NNCC dipimpin oleh Lan Weihong, Deputy Secretary – General NNCC, yang diterima langsung oleh Kepala BNN, Komjen Pol Budi Waseso yang akrab dipanggil Buwas di Jakarta, Rabu.

Lan Weihong memberikan apresiasi atas sambutan Kepala BNN terhadap kunjungan delegasi NNCC. Menurut dia, meskipun sangat singkat tetapi banyak informasi yang didapatkan terkait penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang dapat ditindaklanjuti penanganan dan pencegahannya.

Kemudian kedua belah pihak membahas permasalahan narkotika kedua negara, yaitu tentang pertukaran informasi intelijen serta penyelundupan narkotika yang diketahui bahwa sindikat narkotika Tiongkok banyak menyelundupkan narkotika jenis shabu.

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami