LiputanNasional

BNPB: Masa Tanggap Darurat Banjir Sentani Berakhir Hari Ini

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memutuskan mengakhiri masa tanggap darurat banjir Sentani pada Jumat (29/3/2019). Berakhirnya masa tanggap darurat, akan dilanjut dengan masa transisi darurat menuju pemulihan.

“Tadi malam berdasarkan kesepakatan maka tanggap darurat akan berakhir 29 Maret 2019. Kemudian dilanjutkan transisi darurat menuju pemulihan,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho, saat konferensi pers di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Jumat (29/3/2019).

Sutopo mengatakan, hingga kini masih ada warga yang mengungsi dan terdapat kerusakan-kerusakan yang harus segera diperbaiki.

Masa ini akan diberlakukan dalam waktu yang lebih panjang dibandingkan masa tanggap darurat. Penentuan kurun waktunya akan ditetapkan oleh pemerintah setempat.

“Sehingga setelah 29 Maret akan masuk transisi darurat menuju ke pemulihan. Berapa lama, antara 1 sampai 3 bulan. Dan itu nanti akan diputuskan oleh Bupati Kabupaten Sentani,” jelasnya.

Pencarian korban akan dihentikan ketika memasuki proses transisi menuju pemulihan. Penghentian ini sudah melalui proses diskusi dengan pihak keluarga. Sementara itu jumlah personel yang diturunkan untuk masa darurat menuju pemulihan akan dikurangi.

“Personel yang terlibat 7.321 orang sampai saat ini. Tentu dengan masa tanggap darurat berakhir, tentu jumlah personel dikurangi,” ujar Sutopo.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close