Entertainment

Bob Dylan Memutuskan Untuk Menerima Hadiah Nobel

BTN iklan

Jakarta/Lei – Musisi Bob Dylan memutuskan untuk menerima hadiah Nobel yang ia dapatkan pekan ini melalui pertemuan dengan pihak the Swedish Academy akhir pekan ini.

Melansir AFP, keputusan ini disambut baik oleh penyelenggara Nobel tersebut setelah sebelumnya musisi tersebut bungkam akan panggilan the Swedish Academy.

“Kabar baiknya adalah pihak the Swedish Academy dan Bob Dylan telah memutuskan bertemu akhir pekan ini. The Academy kemudian akan menyerahkan hadiah diploma dan medali Nobel sastra,” kata Sara Danius, sekretaris tetap pihak the Academy dalam sebuah blog.

Sejak memenangkan hadiah Nobel pada Oktober lalu, Dylan belum mengambil hadiah yang dianggap sangat prestise di bidang keilmuan, sastra, dan lingkungan itu.

Dylan juga gagal datang dalam malam penghargaan yang diadakan 10 Desember lalu. Padahal, terdapat ketentuan bahwa pemenang diharuskan mengambil hadiah paling lama enam bulan setelah 10 Desember.

Sebagai pemenang Nobel, Dylan diharuskan memberikan ceramah setelah menerima penghargaan hingga batas waktu enam bulan tersebut.

Namun, hingga Senin kemarin, pihak the Academy tidak mendapatkan kabar apa pun dari Dylan ataupun jawaban musisi Amerika tersebut akan panggilan penyelenggara Nobel.

Kondisi ini menyebabkan rumor pemberian hadiah kepada Dylan akan ditunda.

Tapi, di sisi lain, Dylan dijadwalkan akan mengadakan konser di Stockholm pada 1-2 April mendatang, dan di kota Lund, Swedia, pada 9 April.

Bob Dylan adalah penulis lagu pertama yang memenangkan penghargaan tersebut dan orang Amerika pertama setelah novelis Toni Morrison pada 1993.

Dalam penjelasannya, pihak the Academy menyebutkan kemampuan Dylan menciptakan ekspresi puitis yang dikombinasikan dengan tradisi lagu khas Amerika adalah alasan mengapa Nobel Sastra diberikan kepada musisi itu.

“Tidak sekalipun pernah terbersit dalam benak saya untuk menanyakan, apakah lagu saya begitu sastrawi?” kata Dylan saat berpidato untuk kemenangannya.

“Bila seseorang pernah mengatakan kepada saya bahwa saya punya sedikit kemungkinan memenangkan Nobel, saya akan berpikir saya memiliki kemungkinan yang sama berdiri di Bulan,” katanya. (CNN)

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close