Internasional

Boko Haram Lepaskan 82 Siswi Korban Penculikan

BTN iklan
   Abuja,  Lei, Ant 7/5 – Kelompok bersenjata Boko Haram melepaskan 82 dari sekitar 220-an siswi sekolah, yang mereka culik di kota Chibok, kawasan utara Nigeria, pada April 2014 lalu, sejumlah pejabat setempat menyatakan pada Sabtu.

Para penyintas itu merupakan bagian dari sekitar 220 siswi yang menjadi korban penculikan di sekolah menengah kota Chibok tiga tahun lalu. Insiden tersebut sempat memicu perbincangan hangat di internet dengan tagar #bringbackourgirls yang juga diramaikan oleh ibu negara Amerika Serikat pada saat itu, Michel Obama, dan sejumlah pesohor lainnya.

Pada Oktober tahun lalu, Boko Haram melepaskan 21 siswi usai tercapainya kesepakatan dengan perunding dari pemerintahan Swiss dan Palang Merah Internasional. Selain itu, beberapa penyintas melarikan diri atau diselamatkan.

Sebelum pelepasan korban pada Sabtu, masih ada 195 siswi yang disekap oleh kelompok Boko Haram.

“Pemerintah akan segera mengeluarkan pernyataan resmi,” kata juru bicara pemerintah Nigeria kepada Thomson Reuters Foundation.

Pada bulan lalu, Presiden Muhammadu Buhari, dalam pernyataan resmi, mengutarakan bahwa pemerintah “terus memantau situasi melalui sejumlah negosiasi dan juga melalui badan intelejen lokal untuk memastikan pembebasan para siswi serta korban penculikan lainnya dalam keadaan selamat.” Selain melakukan penyekapan terhadap siswi Chibok, Boko Haram juga telah menculik ribuan orang dewasa dan anak-anak.

Para siswi diculik dari sebuah sekolah di Chibok, negara bagian Borno di timur laut. Di wilayah tersebut, Boko Haram sudah melancarkan aksi pemberontakan untuk mendirikan negara berdasarkan agama serta membunuh lebih dari 20.000 orang dan membuat lebih dari dua juta orang mengungsi.

Meski tentara pemerintah menyatakan bahwa Boko Haram sudah semakin terdesak, wilayah timur laut Nigeria, terutama di negara bagian Borno, masih sering terancam oleh aksi bersenjata kelompok tersebut. Sejak akhir musim hujan tahun lalu, Boko Haram sering melancarkan serangan bom bunuh diri dan juga dengan senjata api.


Kategori Umum

Index by Date

 

 

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami