EntertainmentLifestyle

Bon Jovi sampai Dire Straits Dapat Rock and Roll Hall of Fame

BTN iklan

Jakarta (LEI) – Musisi legenda seperti Bon Jovi, Dire Straits, The Moody Blues, The Cars , Nina Simone, serta Sister Rosetta Tharpe akhirnya masuk Rock and Roll Hall of Fame, Sabtu (14/4).

Mereka terpilih setelah lembaga di balik Rock and Roll Hall of Fame melakukan survei terhadap seribu sejarawan dan pemain di industri musik. Dari hasil survei itu, nama Bon Jovi berada di paling atas sebagai musisi yang paling diinginkan untuk ‘dilantik.’

Rockers dari New Jersey itu terkenal sejak 1980-an dengan lagu seperti It’s My Life, Livin’ on a Prayer dan Wanted Dead or Alive. Dengan terpilihnya mereka masuk Rock and Roll Hall of Fame, band itu pun bereuni kembali dengan gitaris orisinalnya, Richie Sambora.

Di Public Auditorium di Cleveland di mana mereka ‘dilantik,’ Bon Jovi menyanyikan You Give Love a Bad Name dan It’s My Life dengan sangat meriah.

The Moody Blues juga tampil di panggung yang sama. Mengutip AFP, musisi dengan genre rock progresif itu menampilkan Your Wildest Dreams, sementara The Cars yang lebih beraliran new wave menyanyikan Just What I Needed.

Nama legendaris lain adalah Nina Simone, yang dikenal sebagai salah satu penyanyi paling berpengaruh di abad ke-20. Ia dianggap memberikan sentuhan musik klasik pada musik gereja dan jazz. Bersama Sister Rosetta Tharpe, ia menjadi musisi yang kali ini masuk Rock and Roll Hall of Fame setelah meninggal dunia.

Simone merupakan kelahiran North Carolina, yang selain menjadi musisi dikenal juga sebagai aktivis yang vokal soal persamaan ras. Lagunya yang terkenal tak jauh dari ‘lagu wajib’ bagi pejuang hak asasi manusia, seperti To Be Young, Gifted and Black.

Ia meninggal di Perancis pada 2003. Sementara Sister Rosetta Tharpe meninggal pada 1973.

Tharpe dikenal sebagai sosok yang meluaskan musik gereja yang khalayak lebih umum dengan gitarnya, pada 1930-an dan 1940-an. Aksinya membantu menghidupkan panggung-panggung musik rock and roll usai Perang Dunia II.

Dire Straits, band asal Inggris yang dipimpin Mark Knopfler terkenal pada 1970-an. Di era musik punk yang penuh kemarahan merajalela, mereka memainkan akar blues dan menunjukkan sisi yang lebih kalem.

“Dire Straits ‘menyeret’ musik rock untuk tampil dan berteriak kembali kepada kerenyahannya dan akarnya di musik country menggunakan petikan gitar dan vokal blues yang kuat,” kata lembaga Rock and Roll Hall of Fame tentang pelantun Why Worry itu.

The Cars dipilih karena membawa efek elektronik ke pop klasik, sementara The Moody Blues dianggap layak masuk Rock and Roll Hall of Fame karena albumnya membantuk rock progresif menjadi lebih ‘ambisius.’ (rsa)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close