LiputanNasional

BPJT siapkan Parking Bay untuk Menunjang Rest Area Utama

BTN iklan

JAKARTA, (LEI/Republika) – Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membangun empat flyover (FO) di Dermoleng, Klonengan, Kesambi, dan Kretek di Kabupaten Brebes dan Tegal.

Keempat flyover tersebut dibangun untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan seperti saat mudik lebaran tahun lalu. “Saat ini progres keseluruhan sudah mencapai 80 persen,” kata Herry dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9, di Galeri Nasional, Jakarta, Jumat, (2/6).

Selain itu, Kementerian PUPR juga akan memfungsikan tiga ruas tol untuk dilalui pemudik secara gratis, yaitu Tol Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang.

Sepanjang ruas tersebut akan terdapat enam exit toll sementara yang difungsikan untuk menghindari penumpukan kendaraan pada saat keluar Weleri. Rest area sementara juga disiapkan enam lokasi.

Herry menjelaskan pada ruas tol yang operasional, Badan Usaha jalan Tol juga menyiapkan parking bay sebagai lokasi tambahan menunjang rest area utama.

“Parking Bay itu, bukan untuk tempat istirahat berlama-lama, tapi hanya untuk sebentar saja, misalnya kalau pengendara hanya membutuhkan toilet lalu kembali melanjutkan perjalanan tanpa menimbulkan penumpukan,” kata Herry.

Untuk Tol Jakarta menuju Cikampek, terdapat parking bay pada KM 18, 41, dan 59, sedangkan arah sebaliknya, ada di KM 33 dan 58. Pada Tol Cipali untuk kedua arah pada KM 78, 153, 133+500, Tol Palikanci 191+450 dan Tol Pejagan -Pemalang KM 282 +500 pada kedua arah.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami