Liputan

BPS Cek Kualitas Hasil Sensus Ekonomi

BTN iklan

BPS Sensus EkonomiSemarang, LEI/Antara – Badan Pusat Statistik Jawa Tengah mengecek kualitas hasil sensus ekonomi yang dilaksanakan pada 1-31 Mei 2016.

“Saat ini pendataan sudah selesai, kami masih dalam pengecekan kualitas,” kata Kepala BPS Jawa Tengah Margo Yuwono di Semarang, Jumat. Para proses tersebut, seluruh pegawai BPS diterjunkan ke lapangan untuk secara acak menyisir ulang tempat-tempat yang sudah selesai didata pada sensus ekonomi tersebut.

Menurut dia, tujuan dari sisir ulang tersebut adalah untuk memastikan apakah petugas sensus ekonomi sudah menanyai para responden sesuai dengan arahan dari BPS dan untuk memastikan pendapatan serta jumlah tenaga kerja perusahaan yang bersangkutan sudah sesuai dengan data yang dihimpun oleh para petugas sensus.

“Terkait proses ini kami memilih daerah-daerah yang ditengarai petugasnya masih lemah dalam pendataan. Terutama di daerah padat penduduk, di antaranya Kota Semarang, Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, dan Brebes,” katanya.

Selanjutnya, jika diketahui kesalahan data tersebut terjadi secara masif, pihaknya akan kembali menerjunkan petugas sebanyak 10 ribu orang yang terdiri dari pegawai BPS dan mitra kerja terpilih.

“Mitra kerja ini adalah petugas sensus ekonomi sebelumnya yang kinerjanya kami nilai baik,” katanya.

Margo mengatakan, jika langkah tersebut harus dilakukan maka dijadwalkan proses selesai pada tanggal 3 Juli 2016.

“Meski penyisiran masih kami lakukan, untuk pengolahan data dilakukan sambil jalan. Jadi saat ini pengolahan data sebagian sudah dilakukan,” katanya.

Pihaknya berharap, secara keseluruhan proses tersebut dapat selesai sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Selanjutnya, hasil dari sensus ekonomi tersebut dapat dibacakan oleh Presiden Joko Widodo pada pidato kenegaraan 16 Agustus 2016.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami