Hukum

BRI Bersama Dengan Lion Kejar UMKM

BTN iklan

Jakarta/Lei- PT. Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk menyepakati kerja sama dengan Lion Air Group untuk megoptimalkan layanan perbankan, khususnya untuk menggenjot kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang banyak memanfaatkan jasa transportasi maskapai tersebut.

“Laba BRI itu tahun lalu Rp25 triliun, banyak dikontribusikan dari kredit segmen UMKM,” kata Direktur Utama BRI Asmawi Syam usai penandatanganan perseroan dengan Co-Founder Lion Air Group Rusdi Kirana di Jakarta, Selasa.

Dalam pertemuan sebelum kesepakatan, Asmawi mengaku banyak mendengar komitmen Lion untuk turut membangun industri UMKM. Di antaranya, komitmen Lion untuk memperluas jaringan rute penerbangannya ke berbagai daerah di Tanah Air.

Dengan begitu, lanjut Asmawi, pelaku UMKM dapat lebih mudah meningkatkan pendapatannnya karena disokong kemudahan transportasi.

“Saya dengar di Manado, Sulawesi Utara, Lion juga akan membantu membuat UMKM Center, itu dapat menjadi dukungan yang bagus,” kata dia.

Bank pemerintah bersandi saham BBRI itu memang memiliki pangsa pasar utama nasabah UMKM. Pada tahun ini, kredit ke sektor UMKM juga, kata Asmawi, akan menopang penyaluran kredit yang ditargetkan tumbuh 15-20 persen (yoy) tahun ini.

Dalam sambutannya, selain pengembangan UMKM, Asmawi menjelaskan kerja sama antara dua korporasi ini juga melingkupi pemanfaatan fasilitas manajemen dana tunai (CMS), dan pengembangan layanan pembelian tiket melalui e-Channel.

” BRI juga akan melakukan pengelolaan kas perseroan secara ‘real time online’ dan terintegrasi, meliputi penyediaan sistem fasilitas CMS,” kata dia.

Rusdi mengatakan, saat ini Lion Air menerbangkan sebanyak 180-200 ribu penumpang per harinya, dengan layanan penerbangan ke 82 kota di Indonesia dan 12 kota di mancanegara.

“Kami pikir alangkah baiknya dengan infrastruktur yang ada, dari Sabang sampai Merauke, kita berfikir ada baiknya kalau seandainya kita mendukung penuh UMKM, dan BRI merupakan bank besar di industri UMKM. Kerja sama ini akan membuka berbagai banyak peluang kerja sama,” ujarnya.

Perlihatkan Lebih

One Comment

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami