BTN iklan
FinansialLiputan

BTN Optimis Target 570 Ribu Rumah

Jakarta-LEI, PT Bank Tabungan Negara (BTN) optimistis target pembiayaan untuk program sejuta rumah dengan total 570.000 unit rumah dapat terlampaui pada akhir 2016.

“Kami berkomitmen untuk mendukung program sejuta rumah sekitar 570.000 unit rumah. April ini kami perkirakan akan dapat merealisasi 89.000 unit sehingga kurang lebih mencapai 25 persen target,” kata Direktur Utama Bank BTN Maryono dalam paparan kinerja di Jakarta, Senin.

Maryono mengatakan BTN, sampai dengan triwulan I 2016, telah merealisasi 58.712 unit rumah terdiri dari rumah subsidi 44.449 unit dan rumah non subsidi 14.263 unit.

Selanjutnya, total kredit yang disalurkan BTN untuk mendukung pembiayaan sebesar Rp7,6 triliun.

Lebih dari itu, Maryono menjelaskan target 25 persen pembangunan yang seharusnya dapat terealisasi pada Maret 2016 harus mundur satu bulan berikutnya karena kondisi triwulan I yang belum stabil.

“Triwulan I itu situasional, dengan melihat pengalaman 10 tahun terakhir para kontraktor dan pengembar baru persiapan. Mereka belum memulai pembangunan,” ujar Martoyo.

Menurut dia, pembangunan akan meningkat pada semester dua, yakni triwulan III dan triwulan IV.

BTN pun mengklaim tetap konsisten terhadap bisnis inti mereka dalam bidang pembiayaan perumahan yang dapat dilihat dari porsi pembiayaan kredit perumahan.

Kredit perumahan masih mendominasi dengan komposisi 90,29 persen atau sebesar Rp129 triliun dari total kredit yang disalurkan BTN sebesar Rp143 triliun.

Berdasarkan paparan kinerja, BTN tercatat masih menjadi pemimpin pasar pembiayaan perumahan di Indonesia dengan penguasaan pangsa pasar total KPR 31 persen, sedangkan khusus untuk segmen KPR subsidi sangat dominan yakni sebesar 97 persen menguasai pasar.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close