Hukum

Buni Yani Akan laporkan Andy Windo karena Mencemarkan Nama Baik

BTN iklan

Jakarta/Lei – Terpidana kasus video Ahok, Buni Yani akan melaporkan balik Andy Windo, saksi pelapor video Basuki Tjahaja Purnama di Kepulauan Seribu. Buni menilai Andy telah mencemarkan nama baik dan memberikan keterangan palsu.

 

Hal ini terungkap saat persidangan Buni Yani di Bandung, Selasa (18/7) petang. Agenda sidang kali ini mendengarkan keterangan dari para saksi yang berjumlah tiga orang, yakni Andy Windo yang merupakan pelapor atas diunggahnya video oleh Buni Yani, Heru Arfianto yang merupakan PNS Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, serta Nurcholis Majid yang merupakan juru kamera saat pengambilan video Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Kepulauan Seribu.

Buni Yani mempertanyakan alasan Andy melaporkan dirinya ke Kepolisian terkait video itu. Menurut Buni, alasan pelapor yang menyebut video unggahannya telah membuat kegaduhan di masyarakat, sulit dibuktikan.

 

Selain tidak ada parameter yang jelas, menurutnya pelapor pun tidak bisa menjelaskan kegaduhan seperti apa yang telah terjadi di masyarakat. “Setelah ditanya lagi, jawabannya melaporkan (Buni Yani) karena Ahok telah dilaporkan (menistakan agama),” kata Buni dalam persidangan.

 

Buni Yani pun menilai Andy telah memberikan keterangan palsu. “Kesaksiannya bahwa dia bisa menilai ada keresahan di masyarakat tanpa mengetahui ilmu statistik, metodologi ilmiah, itu bentuk dia memberi keterangan palsu. Di BAP alasan melaporkan karena untuk menjaga keutuhan NKRI dan sebagainya. Tapi di sini (persidangan) karena Ahok dilaporkan,” katanya.

 

Penasihat hukum Buni Yani, Aldwin, mengatakan, keterangan saksi dan pelapor, Andy, banyak yang berbeda antara di pengadilan dengan di BAP.

 

“Tidak sesuai fakta. Saksi pelapor Andi banyak keterangan di BAP beda dengan di pengadilan. Banyak pertanyaan yang tidak dijawab oleh saksi,” kata Aldwin.

 

Sebagai contoh, tambah Aldwin, pelapor melaporkan Buni Yani karena menilai unggahan Buni Yani telah membuat kegaduhan. “Apa alasan melaporkan? Katanya kegaduhan, tapi enggak bisa menjelaskan,” katanya.

 

Aldwin menambahkan, Buni Yani akan melaporkan Andy karena telah mencemarkan nama baik dan berita bohong. “Dilaporkan dia pasal 27,” katanya.

 

Selain itu, Aldwin menyebut, laporan Andy ini memiliki motif politis. “Dia dari komunitas pendukung Ahok-Jarot. Dia juga aktivis parpol,” katanya.

 

Terlebih, lanjutnya, saat peristiwa ini, sedang berlangsung Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. “Jadi jelaslah motifnya apa,” tambah Aldwin lagi.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami