Ekonomi

Bupati Bangka Tingkatkan Produksi Pangan Lokal

BTN iklan

Sungailiat, 3/2 (Antara) – Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terus meningkatkan produksi pangan lokal guna memenuhi kebutuhan warga apabila suatu saat harga beras kembali melonjak.

Selain itu, peningkatan jumlah produksi untuk memenuhi dan menjalankan program pemerintah terkait swasembada pangan.

Bupati Bangka Tarmizi Saat di Sungailiat, Sabtu, mengatakan pemberdayaan masyarakat turut ditingkatkan dengan membantu warga yang ingin berladang dan sawah untuk menanam padi.

“Kalau bisa setiap desa ada sawah, sehingga nantinya warga setempat tidak kekurangan beras. Jika hasil panen sudah berlebih, maka bisa dijual untuk pendapatan warga desa setempat,” ujar Tarmizi.

Menurut dia, untuk cetak sawah lama ada enam desa dan sawah baru empat belas desa dengan total cetak sawah di Bangka sebanyak enam belas desa.

“Dari enam belas desa ini hanya beberapa desa yang belum swasembada. Ada sekitar dua belas desa yang memenuhi kebutuhannya sendiri dari hasil padi ladang maupun sawah di desa masing-masing,” katanya.

Tarmizi menambahkan, selain meningkatkan produksi beras dan pengembangan ladang dan sawah. Pemkab Bangka juga meningkatkan pengembangan jagung.

“Di 2018 ini juga kita tingkatkan pengembangan jagung dengan penanaman serentak di seluruh desa. Kita harus yakin dan bisa menjadikan wilayah ini lumbung pangan. Oleh sebab itu harus ada kerjasama semua pihak termasuk masyarakat,” katanya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 12 =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami