EkonomiFinansialLiputan

Bupati Solok: Pembinaan Wirausahawan Tekan Pengangguran

BTN iklan

Arosuka, Sumbar, 18/1 (Antara) – Bupati Solok, Gusmal berharap pembinaan wirausahawan baru mampu menekan angka pengangguran karena berpotensi membuka lapangan kerja di daerah itu.

“Salah satu upaya yang kami lakukan yakni dengan membina kelompok Tenaga Kerja Mandiri (TKM) untuk menumbuhkan wirausahawan baru,” katanya di Arosuka, Sumbar, Rabu (17/1).

Pembinaan terhadap wirausahawan baru merupakan salah satu solusi untuk menekan tingkat pengangguran yang terjadi, selain menciptakan pekerjaan bagi diri sendiri, mereka juga memiliki kesempatan membuka lapangan kerja.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Solok sedang membina 60 orang wirausahawan baru, yang terbagi dalam tiga kelompok usaha, yaitu kelompok usaha pembuat suvenir dari tumbuhan gulma eceng gondok di Kecamatan Junjung Sirih, kelompok usaha jahit di Kecamatan Lembah Gumanti, dan usaha kelompok sablon digital di Kecamatan Gunung Talang.

Dengan semangat kewirausahaan yang inovatif, kreatif dan berdaya saing para pelaku wirausaha diharapkan menjadi ujung tombak usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta koperasi yang mampu menciptakan lapangan kerja baru, ujarnya.

Dengan pembinaan ini TKM juga bisa bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) sehingga kelompok usaha dapat berkolaborasi dengan BUMNag yang telah memiliki pasar tersendiri.

“Camat dan wali nagari juga diharapkan perannya agar terus melakukan pembinaan dan memberikan motivasi sehingga bantuan peralatan kerja yang diberikan dapat dimanfaatkan secara optimal,” kata Gusmal.

Ia mencontohkan salah satu pasar yang bisa menjadi peluang bagi wirausahawan baru yakni memanfaatkan objek wisata yang ada di Solok yang membutuhkan hasil produksi UMKM untuk oleh-oleh misalnya.

Untuk itu, ia berharap instansi terkait dapat memberikan perhatian khusus kepada UKM yang ada melalui BUMNag-nya.

Sementara Ketua Pelaksana Pembina TKM, Erizal mengatakan sasaran pengembangan wirausaha adalah untuk penumbuhan wirausaha baru serta penguatan kapasitasnya agar berdaya saing tinggi.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya manusia terdidik dan berbakat dalam menggerakkan perekonomian dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mengurangi angka pengangguran.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami