Nasional

Calon Komisioner Komnas HAM 2017-2022 Pilihan DPR Komisi III

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Diliput dari Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa, pihaknya telah memilih 7 nama komisioner terpilih Komnas HAM yang akan bertugas periode 2017-2022. Menurutnya, nama tersebut ditetapkan setelah dirapatkan bersama kesepuluh fraksi yang ada di DPR.

Tujuh dari 14 calon anggota yang terpilih sudah melalui uji kelayakan dan kepatutan yang digelar selama dua pekan. Desmond mengatakan, ada beberapa catatan dari beberapa partai politik, salah satunya yang diberikan Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

“Dari tujuh orang ada catatan. Catatan dari PKS ada dua orang. Orang tersebut bukan bagian yang disetujui PKS, tapi PKS menghormati musyawarah mufakat,” kata Desmond. Dia menambahkan,¬†PKS mengusulkan calon komisioner anggota Komnas HAM hanya lima orang.

Namun, semua fraksi yang menghadiri rapat menilai jumlah calon komisioner Komnas HAM yang dipilih sebanyak tujuh orang. Opsi tersebut pun disepakati secara musyawarah.

“Ini yang paling ideal. Ada usulan lima. Tapi kalau lima dengan kondisi darurat seperti ini juga terlalu ramping,” kata Desmond.

Lebih lanjut Desmon menjelaskan standar yang ditetapkan komisi III yaitu melihat sejauh mana para komisioner ini memahami tentang persoalan dan isu-isu tentang hak asasi manusia.

“Standar pertama yang kita lakukan komisi III, orang yang memahami persoalan-persoalan hari ini tidak jalan. Apa yang tidak jalan adalah kebuntuan- kebuntuan korban HAM yang hari ini tidak ada tindak lanjut,” katanya

Berikut nama 7 calon anggota Komisioner Komnas HAM periode 2017-2022 yang telah disepakati:

1. Mohammad Choirul Anam (Advokat)
2. Beka Ulung Hapsara (Pegiat LSM)
3. Drs. Ahmad Taufan Damanik MA. (Mantan Komisioner ACWC)
4. Munafrizal Manan (Akademisi)
5. Sandrayati Moniaga (Petahana Komnas HAM)
6. Hairansyah SH. MH (Akademisi)
7. Drs. Amiruddin Al Rahab M.Si.(Pegiat LSM).

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami