KesehatanLifestyle

Cara Efektif Mendapatkan Energi Positif

BTN iklan

Jakarta (Lei) – Energi positif atau negatif seseorang dipengaruhi oleh kondisi emosinya. Jika mood dan harinya sedang baik, rona wajah dan senyuman yang terpancar. Image result for positive vibe

Sebaliknya jika harinya buruk, yang terlihat hanyalah wajah cemberut dan kemarahan yang berapi-api. Tentu ini tidak hanya merugikan diri sendiri, namun juga orang lain yang berada di sekitarnya.

Sebagai mahluk sosial, Anda harus pandai-pandai mengatur emosi agar tak merusak hari dan kinerja harian. Untuk membantu menenangkan diri agar emosi tak meracuni diri, Habib Sadegi, co founder Be-Hive of Healing Integrative Medical Center di Los Angeles dalam bukunya yang berjudul The Clarity Cleanse mengungkapkan bahwa latihan menulis sederhana dapat membantu seseorang mengolah amarah dan emosi beracun lainnya yang mungkin mengganggu.


Metode ini dinamakan Purge Emotional Writing atau PEW 12. Mengapa 12? Karena latihan tersebut memerlukan waktu selama 12 menit.

Dikutip dari Health, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Sebelum memulainya, pastikan Anda sudah menyiapkan buku catatan dan pena, selanjutnya cari tempat yang tenang di mana Anda tidak akan diganggu. Duduk dan setting timer selama 12 menit.

  2. Buka catatan dan mulailah menulis tentang apa saja yang mengganggu pikiran Anda selama ini. Bisa seputar kesehatan, pekerjaan, finansial, hubungan personal, atau yang lainnya. Dan jangan terlalu memikirkannya. Mulai saja menulis sesuka Anda.

  1. Ketika sudah 12 menit, berhentilah menulis apapun hasilnya. Setelahnya, bakar kertas catatan yang berisi tulisan kegundahan Anda. Api berfungsi untuk menetralisir energi negatif dengan mengubah komposisi kimia menjadi abu.

Sadegi mengungkapkan bahwa kegiatan menulis memungkinkan seseorang untuk melepaskan segala beban yang ada di pikirannya. Sedangkan membakar kertas di akhir berguna sebagai simbol pelepasan.

Sebagai pemula, Anda bisa melakukan PEW 12 ini selama lima hari. Setelah itu, akan lebih baik jika dilaksanakan setiap hari secara teratur untuk melepaskan energi negatif serta menjaga kemurnian. Dengan begitu emosi Anda akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Latihan ini akan berfungsi jauh lebih baik jika Anda terus menulis, tanpa terlalu memikirkannya. Untuk sementara, lupakan tentang tanda baca atau apapun yang dapat mempercantik tulisan. Sebab di akhir latihan, Anda akan membakarnya dan tidak ada orang lain yang membacanya. Selain itu, sebisa mungkin bawa diri Anda ke titik di mana emosi mengalir begitu cepat. Hal itu ditandai dengan semakin lancarnya Anda menulis.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close