Nasional

Cerita Presiden Jokowi Saat Kirab Pelantikan Sri Sultan-Pakualam

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Di pelantikan Gubernur-Wagub DIY, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan suasana saat prosesi kirab Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Gusti Kanjeng Pangeran Adipati Aryo Pakualam X di Istana Negara.

Dalam postingan Jokowi di akun Facebooknya, nampak sang Presiden berjalan di tengah dan diapit Sri Sultan dan Pakualam. Sementara, di belakang Jokowi ada Mendagri Tjahjo Kumolo yang menemani.

Sri Sultan dan Pakualam sama-sama mengenakan seragam kepala daerah berwarna putih. Sedangkan, Jokowi dan Tjahjo mengenakan setelan jas berwarna hitam dan berdasi merah.

Iringan drum band bertalu-talu mengiringi langkah mereka menuju Istana Negara, 50 meter dari Istana Merdeka. Kirab ini berlangsung sampai mereka masuk ruangan. Jokowi mengatakan, suasana kirab berlangsung singkat dan sederhana.

“Seusai penyerahan petikan Keputusan Presiden di Istana Merdeka, saya bersama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Sri Sultan dan Paku Alam berjalan ke Istana Negara diiringi pasukan drum band. Sebuah Kirab Budaya yang singkat dan sederhana,” jelas Jokowi, Selasa (10/10/2017).

Setelah prosesi kirab, Sultan dan Pakualam memasuki ruangan Istana Negara dan menuturkan sumpah jabatan di bawah Alquran. Jokowi menuntun pembacaan sumpah.

Setelah itu, keduanya kemudian menandatangani berita acara pengambilan sumpah. Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 107P/2017, Sri Sultan HB X menjadi Gubernur DIY dan Pakualam X menjadi Wakil Gubernur DIY. Jokowi turut mengucapkan selamat seusai pelantikan.

“Selamat bekerja Sri Sultan dan Paku Alam, selamat untuk rakyat Yogyakarta,” ujar Jokowi. [detikcom]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − 5 =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami