Internasional

CHINA-ASEAN PERKUAT KERJA SAMA TINGKATKAN KAPASITAS PRODUKSI

BTN iklan

Panzhou, Guizhou,(Lei) – China dan Perhimpunan Negara-Negara di Kawasan Asia Tenggara (ASEAN) memperkuat kerja sama dalam meningkatkan kapasitas produksi secara internasional di segala bidang.

Kerja sama tersebut digelar melalui “Tuole Forum China-ASEAN International Production Capacity Cooperation” pada 8-10 November 2017 di Desa Tuole, Kota Panzhou, Provinsi Guizhou, wilayah barat daya China.

Hadir dalam forum tersebut delegasi dari China dan ASEAN serta para pelaku industri pertanian, makanan, energi, pariwisata, logistik, konstruksi, arsitektur, dan keuangan dari kedua belah pihak.

“Kegiatan ini juga untuk mengintegrasikan program ekonomi dalam konsep Jalur Sutera,” demikian pernyataan dari panitia penyelenggara yang diterima Antara di Panzhou, Kamis pagi.

Di sela-sela kegiatan akan ditandatangani pula beberapa kesepakatan di bidang industri pertanian, pangan, dan pariwisata antara China dan sejumlah negara anggota ASEAN.

Kegiatan tersebut sudah yang kedua kalinya digelar di objek wisata pegunungan di Desa Toule yang berjarak sekitar 300 kilometer sebelah selatan Ibu Kota Provinsi Guizhou di Guiyang.

Bagi Provinsi Guizhou ajang tersebut menjadi kesempatan terbaik di tengah giat-giatnya membuka sistem perekonomiannya bagi asing sesuai dengan konsep Jalur Sutera dan Jalur Maritim Abad ke-21 atau dikenal dengan “Belt and Road” yang digagas Presiden China Xi Jinping.

Provinsi Guizhou juga sedang berupaya menjadi pusat ekspor China ke Asia Tenggara agar bisa sejajar dengan Provinsi Fujian dan Provinsi Guangdong di wilayah selatan.

“Tuole Forum China-ASEAN International Production Capacity Cooperation” dibuka oleh Wakil Wali Kota Liupanshui, Fu Zhaoxiang, yang secara administratif menbawahi wilayah Kota Panzhou.

Kedutaan Besar RI di Beijing mengirimkan seorang delegasi dalam forum tersebut ditambah seorang delegasi lainnya dari kalangan pengusaha di Indonesia.(Antara)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close