InternasionalLiputan

China Kembalikan Kargo Batubara Korea Utara

BTN iklan

JAKARTA/Lei — Bea Cukai China mengeluarkan perintah resmi yang meminta perusahaan perdagangan mengembalikan kargo batubara asal Korea Utara.

Hal ini disampaikan oleh seorang sumber dari Dandong Chengtai Trade Co.,pembeli batubara terbesar produksi negara terisolasi tersebut.

Pasca sejumlah uji coba rudal yang memicu kritik internasional, China melarang segala jenis impor dari Korea Utara per 26 Februari yang berimbas memutus ekspor produk utama Korea Tersebut.

Sumber, seperti dikutip dari Reuters menyebutkan perusahaan tersebut memiliki hingga 600.000 ton batubara yang diletakkan di sejumlah titik. Adapula 2 juta ton yang terbengkalai di sejumlah pelabuhan China dan menunggu untuk dikembalikan.

Data pengirimian oleh Thomas Reuters Eikon, sebuah platform analitik dan informasi pasar finansial, menunjukkan sedikitnya enam unit kapal kargo baru-baru ini membawa batubara dari China, yang kebanyakan berasal dari sejumlah pelabuhan di Weihai dan Peng Lai.

Bulan lalu, Reuters juga melaporkan bahwa Malaysia sempat mencegah masuknya sebuah kapal Korea Utara yang membawa batubaradari China ke sebuah pelabuhan di Pengang karena dugaan pelanggaran sanksi. Kapal tersebut akhirnya diizinkan masuk dan membongkat muatannya berupa 6.300 metrik ton batubara antrasit.

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami