BTN iklan
Internasional

China Konfirmasi 32 Warganya Tewas dalam Kecelakaan Bus di Korut

BEIJING (LEI) – Pemerintah China, melalui Kementerian Luar Negeri, mengonfirmasi sebanyak 32 orang warga negaranya tewas dalam kecelakaan bus di Korea Utara. Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Lu Kang menuturkan, empat orang warga Korea Utara turut menjadi korban tewas dalam insiden itu.

Ia menambahkan, dua orang turis asal China mengalami luka berat dan berada dalam kondisi kritis. Melansir dari Reuters, Senin (23/4/2018), Kementerian Kesehatan China mengirim tim medis beserta dengan peralatan dan obat-obatan yang memadai untuk menangani para penyintas kecelakaan.

Sebagaimana diberitakan, para diplomat China di Korea Utara (Korut) berupaya keras memberikan pendampingan kepada warganya yang menjadi korban kecelakaan di Provinsi Hwanghae Utara, Korea Utara (Korut). Insiden tersebut diketahui terjadi pada Minggu 22 April sore waktu setempat.

Sebuah stasiun televisi milik pemerintah China sempat melaporkan, sedikitnya 30 orang tewas setelah sebuah bus tercebur ke sungai di Hwanghae Utara. Bus tersebut mengangkut turis asal China yang tengah berwisata di Korea Utara. Namun, cuitan di akun Twitter itu segera dihapus.

Laman NK News melaporkan, bus tersebut mengangkut puluhan orang dari perwakilan sebuah perusahaan di Beijing, China. Kecelakaan diduga terjadi ketika bus hendak kembali dari kawasan industri Kaesong menuju Ibu Kota Pyongyang.

Ruas jalan dari Kaesong menuju Pyongyang saat ini tengah dalam perbaikan besar-besaran dalam rangka menyambut KTT Antar-Korea yang akan dilakukan oleh Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada Jumat 27 April di Desa Panmunjom.

Cuaca buruk diduga turut menyebabkan kecelakaan. Sebab, Semenanjung Korea diguyur hujan lebat disertai angin kencang sepanjang Minggu 22 April. Menurut sumber dari otoritas setempat, para perwakilan perusahaan itu hendak terbang menuju Shenyang, China, dari Pyongyang.

Industri pariwisata di Korea Utara diketahui menjadi salah satu penyumbang terbesar devisa negara. Menurut lembaga Maritime Institute yang berbasis di Korea Selatan, sektor pariwisata menyumbang pendapatan hingga USD44 juta (setara Rp611 miliar) per tahun.

Sekira 80% turis yang berwisata di Korea Utara merupakan warga negara China. Menurut data pemerintah pusat di Beijing, tercatat 237 ribu warga negara China berkunjung ke Korea Utara pada 2012. Namun, data tersebut tidak lagi dirilis sejak 2013. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close