InternasionalTekno

Chip Spionase Asal Tiongkok Ditemukan di Server Perusahaan Ternama

BTN iklan

(LEI)-Sebagian besar vendor perangkat komputer beserta komponen pendukung mayoritas memilih Tiongkok sebagai basis produksi. Para vendor biasanya hanya melakukan riset saja dan menyerahkan basis produksinya ke ODM (Original Design Manufacturer) seperti Foxconn yang berlokasi di Tiongkok.

Produksi di Tiongkok biasanya dianggap lebih hemat sehingga biaya yang dibutuhkan lebih terjangkau dibandingkan yang dilakukan di Amerika Serikat. Namun ternyata, produksi tersebut ternyata tidak lepas dari masalah besar.  Beberapa waktu yang lalu, Amazon melakukan internal audit ke perusahaan Elemental Technology yang belum lama diakuisisi oleh Amazon.  Dalam pemeriksaan ditemukan bahwa salah satu motherboard yang ada di server yang digunakan memiliki chip yang diduga digunakan oleh pemerintah Tiongkok untuk aksi spionase.

Elemental sendiri merupakan penyedia teknologi streaming yang menghadirkan kompresi video yang diproses melalui cloud. Dalam perjalanannya, perusahaan tersebut diakuisisi oleh Amazon dan layananya dipakai oleh perusahaan penting seperti CIA dan NASA. Masalah keamanan ini bisa terjadi karena perusahaan ini memakai server yang menggunakan produk motherboard yang diproduksi di Tiongkok.

Seperti yang dilansir dari Bloomberg, bentuk chip yang ditemukan memiliki ukuran tidak lebih besar dari sebutir beras dan tidak termasuk kedalam rancangan original dari produsen motherboard yang memproduksinya. Bloomberg melaporkan bahwa sudah ada setidaknya 30 perusahaan besar yang berpotensi berdampak masalah ini.

Termasuk di antaranya perusahaan besar sekelas Apple dan Bank yang mempercayakan pembuatan motherboard ke perusahaan yang sama. Belum diketahui secara lengkap metode spionase yang dilakukan. Namun salah satu pejabat resmi menyatakan hanya data penting pemerintah yang di incar, sedangkan data konsumen aman. (jagatreview)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close