LifestyleTraveling

Citarik Kembangkan Empat Objek Wisata Baru

BTN iklan

Jakarta (LEI) – Tahun ini Desa Citarik Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sedang berupaya menggarap empat lokasi yang memiliki potensi sebagai kawasan objek wisata. Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa Citarik, Moch Ledi Nurlaidi di Pelabuhan ratu, Minggu (8/4).

Ia menjelaskan keempat potensi alam tersebut adalah Situ Kubang, Curug Dulang, Bukit Manunggal, dan Goa Repagan.

“Sektor wisata alam ini sudah mulai kita garap sejak 2016. Hingga kini sudah rampung 35 persen,” kata Ledi, seperti yang dikutip dari Antara.

Situ Kubang merupakan kolam retensi seluas tiga ribu meter persegi, yang difungsikan oleh warga setempat untuk kebutuhan air bersih. Kolam penampungan air adalah hal yang lumrah di Desa Citarik, karena lokasinya berada di perbukitan sehingga untuk mendapatkan air tanah kerap menjadi kendala.

Sekitar tiga kilometer dari Situ Kubang, terdapat potensi alam Curug Dulang yang memiliki tujuh air terjun yang berasal dari Gunung Jayanti.

Sementara itu, Bukit Manunggal di Kampung Tegalega Pasir merupakan area perbukitan seluas 25 hektare yang berfungsi sebagai menara pandang ke arah pesisir laut Pelabuhan Ratu.

Potensi wisata berikutnya yang tengah digarap adalah Goa Repagan, yang menyimpan sejarah leluhur berikut nuansa kebudayaan warga setempat. Menurut Ledi banyak cerita leluhur Desa Citarik yang berasal dari Goa Repagan.

“Goa Repagan ini merupakan area bebatuan yang menarik untuk difoto dan dinikmati nuansa alamnya karena ada di perbukitan,” ujarnya.

Ledi mengatakan upaya merealisasikan keempat objek wisata tersebut, mendapatkan alokasi Program Dana Desa Padat Karya Tunai sebesar total Rp771 juta.

“Sebagian akan diserap untuk kebutuhan realisasi ekowisata di kampung kami,” katanya.

Selama ini Desa Citarik dikenal sebagai lokasi wisata olahraga arus deras atau yang akrab dikenal dengan rafting (arung jeram). Kegiatan pariwisata berbasis olahraga ini menjadi salah satu andalan Desa Citarik, bahkan tidak sedikit paket wisata yang menawarkan kegiatan ini kepada calon pelanggannya. [cnn indonesia]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

4 Comments

  1. Wonderful goods from you, man. I have take note your stuff prior to and you’re just too great.
    I actually like what you have bought here, certainly like what you’re stating and
    the way through which you assert it. You are making it
    entertaining and you continue to take care of to keep it sensible.
    I can not wait to read much more from you. That is actually a great
    website.

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami