BTN iklan
Kesehatan

Cuma Ingin Minum Saja Malah Kepikiran Mitos

SEMARANG, (LEI) – Berbagai jenis minuman banyaknya tak terhitung lagi. Mulai dari olahan teh, kopi, buah, susu, cokelat dan masih banyak lagi. Beragam jenis minuman memunculkan mitos di masyarakat tentang manfaat dan bahayanya.

Jus

Jus buah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, orang meyakini minum jus juga dapat menghilangkan dahaga. Anggapan itu rupanya salah dan merupakan mitos tak berdasar. Sebab minuman yang dapat menghilangkan dahaga hanya air putih.

Teh

Mitos teh disebutkan bahwa menyeduhnya harus dengan air mendidih 100 derajat. Padahal, itu tidak benar. Menyeduh teh yang benar adalah dengan suhu 70 sampai 90 derajat cecius. Sebab, menyeduh teh dengan air yang panas sekali akan membuat teh menjadi terlalu kental.

Minuman cokelat

Berdasarkan mitos yang beredar, minuman cokelat dapat merusak kesehatan. Ditengarai cokelatnya yang merusak gigi, penyebab batuk, sakit tenggorokan, jerawat, dan gemuk.

Namun ternyata tidak, menurut ahli gizi dokter Rita Ramayulius, DCB, M. Kes., cokelat asli yaitu biji kokoa memilih manfaat untuk kesehatan. Minuman cokelat seperti hot cokelat yang terbuat dari bubuk kokoa dengan kandungan di atas 30 persen dapat meningkatkan konsentrasi dan suasana hati.

Sedangkan batuk, gigi berlubang, jerawat, dan gemuk bukan diakibatkan oleh cokelat. Melainkan karena bahan tambahannya seperti tinggi kandungan glukosa dan susu. Khusus untuk jerawat, perlu digarisbawahi bahwa jerawat disebabkan hanya karena peningkatan hormon dan makanan tidak sehat yang mengandung lemak.

Es cincau

Mitos yang berkembang menyebut es cincau bisa menyebabkan sakit. Misalnya demam, batuk dan flu, atau sakit tenggorokkan.

Namun lagi-lagi Rita menjelaskan bahwa bahan asli daun cincau sama sekali tidak berbahaya bagi kesehatan, kecuali bahan campuran olahan cincau dan tambahan lainnya. Gula dan es termasuk. Es yang dimasukkan ke dalam minuman olahan cincau bisa menyebabkan diare apabila airnya mentah atau kotor. Bahan kimia seperti pewarna yang digunakan untuk cincau juga termasuk yang berbahaya.

Bandrek

Minuman khas Jawa Barat ini disebut-sebut dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Sayangnya, itu hanya mitos yang tak berdasar. Sebab minuman yang berbahan dasar jahe ini justru baik untuk tubuh.

“Jahe miliki manfaat untuk menghangatkan tubuh, menstimulasi peredaran darah dan menambah stamina,” kata Rita.

Saat kondisi cuaca sedang dingin, jahe dapat meningkatkan suhu tubuh. Bandrek dapat minum kapan saja termasuk setiap pagi untuk menjadi minuman kesehatan. Sedangkan yang mengakibatkan sakit tenggorokan adalah gula dan susu kental manis yang dipakai sebagai campuran bandrek. Gula dan susu kental manis, kedua tinggi glukosa sehingga bisa menyebabkan sakit tenggorokan bahakan diabetes.

Memalukan juga jika di zaman modern ini masih percaya mitos-mitos yang belum tentu kebenarannya, ya ‘kan?

 

 

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close