Lifestyle

Dampak Interaksi Obat Kepada Tubuh Anda

BTN iklan

Jakarta/Lei – Interaksi obat dapat terjadi ketika Anda mengonsumsi lebih dari satu jenisobat secara sekaligus. Obat yang satu dengan yang lain mungkin saja bereaksi dan menimbulkan efek samping tertentu. Tidak hanya itu, obat jugaberkemungkinan menimbulkan reaksi kimia baru ketika berinteraksi dengan makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum atau sesudah meminum obat.

Ketika harus minum lebih dari satu obat, Anda dan dokter harus benar-benar menyadari kemungkinan efek samping yang ditimbulkan. Interaksi obat dapat menjadikan kinerja obat tersebut tidak efektif dalam mengobati penyakit, meningkatkan reaksi dari obat tertentu, atau menyebabkan efek samping yang tidak terduga sehingga dikhawatirkan dapat membahayakan jiwa pasien.

Jenis-jenis Interaksi Obat yang Mungkin Terjadi

Agar lebih jelas mengenai interaksi obat yang mungkin terjadi, Anda dapat menyimak penjelasan berikut ini.

Interaksi obat dengan obat

Hal ini terjadi ketika Anda mengonsumsi dua atau lebih banyak obat-obatan secara bersamaan. Makin banyak obat yang dikonsumsi bersama-sama, maka makin tinggi pula risiko interaksi yang bisa terjadi. Misalnya, obat A dan B sama-sama menyebabkan rasa kantuk, maka Anda cenderung mengalami rasa kantuk dua kali lipat. Jenis interaksi obat ini dianggap sebagai kejadian yang paling umum menimpa seorang pasien.

Secara garis besar, efek interaksi antara obat dengan obat dapat berakibat kepada mengurangi kemampuan obat dalam menyembuhkan penyakit, meningkatkan efek samping mulai dari yang ringan hingga berdampak serius, atau menambah tingkat racun obat tersebut.

Interaksi obat dengan makanan atau minuman

Sebagian obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan atau berdekatan waktu dengan makanan atau minuman tertentu. Misalnya, jus grapefruit yang diminum bersamaan atau berdekatan dengan obat penurun kolesterol (statin) dapat menurunkan kadar enzim di dalam organ hati. Akibatnya, obat tidak berfungsi dengan maksimal. Interaksi obat dan minuman ini juga menyebabkan kadar obat dalam darah naik sehingga berisiko menyebabkan terjadinya keracunan. Efek interaksi antara obat kolesterol dengan jus grapefruit bisa memicu nyeri otot atau cedera otot yang parah.

Interaksi obat dengan penyakit

Pada kondisi kesehatan yang tidak prima, obat dapat berinteraksi dengan penyakit lain yang Anda derita. Misalnya, obat-obatan dekongestan atau fenilefrin yang dapat meningkatkan tekanan darah. Jika Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi, maka kedua jenis obat ini dianggap berbahaya untuk kondisi Anda. Dengan kata lain, kondisi kesehatan Anda yang memengaruhi obat tersebut sehingga memicu terjadinya interaksi obat yang membahayakan. Terlebih pada pasien dengan keadaan penyakit lain yang sudah kritis.

Kini sudah saatnya Anda bersikap lebih kritis dengan risiko interaksi obat. Agar terhindar dari risiko tersebut, bacalah label kemasan tiap kali sebelum Anda mengonsumsi obat yang dijual bebas. Terkait obat yang diresepkan oleh dokter, tetap tidak ada salahnya untuk mempelajari reaksi obat tersebut. Anda juga dapat mendiskusikan dengan dokter terkait interaksi obat yang dapat terjadi tiap kali diresepkan obat baru. Semua ini demi kesehatan Anda sendiri dan untuk mengantisipasi bahaya yang mungkin terjadi.

 

sumber Alodokter

Perlihatkan Lebih

5 Comments

  1. Hey! Someone in my Myspace group shared this site with
    us so I came to check it out. I’m definitely enjoying thhe information.I’m book-marking and will be tweeting thuis to my followers!
    Fantastic log and excellent style and design.

  2. What’s Taking place i’m new to this, I stumbled upon this I’ve found It absolutely helpful and it has helped me out loads.

    I’m hoping to contribute & assist other customers like its aided me.
    Good job.

  3. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point.
    You clearly know what youre talking about,
    why throw away your intelligence on just
    posting videos to your site when you could be giving us something enlightening to read?

  4. Secure Ordering Acticin Tablet Website With Next Day Delivery Propecia Without Prescription Buy Sildenafil For Sale [url=//xbmeds.com][/url] Achat Du Levitra 10 Mg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + twenty =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami