Internasional

Delegasi Suriah Salahkan Oposisi Karena Datang Di Jenewa Dengan Prasyarat

BTN iklan

Jenewa, Swiss, Lei – Pemimpin delegasi Pemerintah Suriah ke pembicaraan perdamaian Suriah, Bashar Al-Jaafari, Kamis (14/12), mengatakan timnya takkan berbicara dengan delegasi oposisi karena pernyataan yang dikeluarkannya sebelum pembicaraan saat ini dimulai, yang dikenal sebagai “Komunike Riyadh”.

Setelah satu pertemuan dengan Utusan Khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura di Markas PBB di Jenewa, Al-Jaafari mengatakan kepada wartawan Suriah tak ingin pembicaraan itu gagal, tapi oposisi telah datang dengan prasyarat yang ditetapkannya pada November dalam konferensi yang dinamakan “Riyadh 2”.

Dalam konferensi tersebut, satu deklarasi dikeluarkan bahwa Presiden Bashar al-Assad tak memiliki peran untuk dimainkan dalam peralihan politik di negeri itu.

“Selama komunike Riyadh 2 ada, kami takkan terlibat dalam pembicaraan langsung,” kata Al-Jaafari, sebagaimana dilaporkan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat siang.

Pada awal pekan ini, delegasi oposisi Suriah menyatakan, “Ada peluang di sini di Jenewa pekan ini yang harus kami raih demi kepentingan rakyat kami.” “Peluangnya ialah duduk, secara langsung, di bawah kepemimpinan Utusan Khusus PBB, dan memulai perundingan mengenai peralihan politik,” kata delegasi oposisi di dalam pernyataan tertulis yang dikeluarkan setelah pertemuan mereka dengan de Mistura.

Babak baru pembicaraan perdamaian Suriah pimpinan PBB dimulai pada 28 November dan dijadwalkan diselenggarakan sampai 15 Desember. Penghalang utama bagi terobosan yang diharapkan digambarkan oleh PBB sebagai kurangnya kepercayaan.

Paralel dengan proses perdamaian Jenewa –yang didukung PBB, babak baru perundingan internasional yang dipimpin oleh Rusia mengenai penyelesaian konflik Suriah dijadwalkan diadakan pada 21 dan 22 Desember di Ibu Kota Kazakhstan, Astana.  (Antara/Xinhua-OANA)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami