InternasionalTekno

Di China Warganya Cukup Diawasi dengan CCTV

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Anda mungkin sudah ada yang pernah menonton film lawas yang berjudul Enemy of the State, yang dibintangi oleh Will Smith dan Gene Hackman. Film ini bercerita tentang pengacara sukses bernama Robert Clayton (diperankan Will Smith) yang menangani sengketa tenaga kerja di negara bagian Amerika.

Secara kebetulan dia bertemu dengan teman lamanya di jalan, yang merupakan seorang aktivis lingkungan. Pada saat memantau burung bangau di suatu danau, kamera pengawas merekam kejadian senator Amerika Serikat yang melakukan kejahatan. Dia diam-diam menyelipkan sebuah disk kepada Robert tanpa setahu Robert sendiri.

Sayangnya perekaman itu diketahui oleh para pelaku sehingga teman lama Robert pun diburu dan dibunuh. Setelah menyadari pentingnya disk tersebut, maka Robert dan Brill pun berusaha menyampaikan disk tersebut kepada pihak berwenang yang dapat dipercaya. Namun Thomas dan para agen NSA makin mendekat, apalagi gerak-gerik Robert ternyata bisa dipantau dengan bantuan teknologi mata-mata dan satelit.

Sang tokoh utama harus berhadapan dengan negara, semua data-data kartu kredit, jaminan sosial, latar belakang kehidupan pun bisa diungkap hanya dengan bekal CCTV dan akses data. Dan kini, di tahun 2017 China sudah menerapkan sistem yang mirip seperti di film itu. CCTV dipasang di berbagai sudut kota besar China. Wartawan BBC dalam waktu 7 menit bisa dipantau keberadaannya dan polisi langsung menggiringnya.

Meski begitu, sebagai negara dengan populasi terpadat di dunia, sistem ini mempermudah China mengawasi penduduknya. Apakah Indonesia di masa depan juga akan menerapkan sistem seperti ini?

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami