EkonomiLiputan

Di Pekalongan Harga Sayuran Naik

BTN iklan

Pekalongan/Lei-  Harga sayuran pada sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah selama sepekan terakhir ini cenderung naik karena terjadi sejumlah bencana di daerah pemasok komoditas sayuran.

Sejumlah pedagang bumbu dapur di Pekalongan, Jumat, mengatakan bahwa harga sayuran seperti cabai, wortel, dan bawang merah kini cenderung naik karena pasokan komoditas itu tidak stabil.

Harga cabai merah semula Rp20 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp30 ribu/ kilogram, bawang merah semula Rp14 ribu/kilogram naik menjadi Rp20 ribu/ kilogram, cabai setan semula Rp30 ribu naik Rp40 ribu/kilogram, dan bawang putih semula Rp15 ribu/kilogram naik menjadi Rp20 ribu/kilogram.

Sedangkan untuk harga cabai rawit hijau kini justru turun yaitu semula Rp30 ribu per kilogram, menjadi 20 ribu/kilogram, dan tomat semula Rp6 ribu/kilogram turun menjadi Rp4 ribu/kilogram.

Pedagang sayuran dan sembako mengatakan bencana yang melanda Banjarnegara dan Peninggaran mengakibatkan para pedagang harus menambah biaya operasional, karena mereka harus menumpang angkutan hingga dua kali dampak amblesnya jalan di Sibelis menuju Pasar Induk Kajen.

Harga kebutuhan pokok seperti beras dan telur masih relatif stabil, yaitu masing-masing Rp11.500 per kilogram dan telur ayam Rp21 ribu/kilogram.

Adanya tambahan biaya operasional tersebut, berdampak terhadap harga sayuran di Pasar Induk Kajen, katanya pula.

Zuhro (50) mengatakan kenaikan harga sayuran ini akan berdampak terhadap penambahan uang belanja karena kenaikan harga komoditas itu juga diikuti harga lainnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

4 Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami