Internasional

Dibidik 400 Sistem Anti-Rudal AS, Rusia Pastikan Merespons

BTN iklan

MOSKOW – Moskow memastikan mengambil langkah-langkah untuk merespons  penyebaran 400 sistem anti-rudal Amerika Serikat (AS) yang ditargetkan terhadap Rusia. Pernyataan ini disampaikan Kepala Komite Pertahanan Duma Negara, Vladimir Shamanov kepada Itar-TASS.

”Situasi ini, tentu saja terkendali, dan ‘respons cermin’ telah dilakukan, atau akan dilakukan tanpa penundaan,” katanya, yang dikutip Minggu (4/3/2018).

”Ancamannya tinggi, mengingat waktu penerbangan singkat, mereka (AS) membuat kami menangani tugas-tugas tertentu, beberapa di antaranya telah diselesaikan, namun masih ada yang masih harus dilakukan,” ujarnya.

“Tentu saja, ini adalah perbedaan ketika (sistem anti-rudal) mereka berjarak ribuan kilometer, dan berbeda bila jaraknya ratusan kilometer,” katanya.

Sebelumnya pada hari Sabtu, seorang sumber diplomatik militer mengatakan kepada wartawan bahwa AS telah menempatkan sekitar 400 sistem anti-rudal yang ditargetkan kepada Rusia.

Di California dan di Alaska, AS mengerahkan lebih dari rudal pencegat jarak jauh GBI.

Kemudian, 180 sistem anti-rudal Standard-3 beroperasi di kapal perang Angkatan Laut AS yang tergabung dalam Armada Atlantik dan Pasifik, serta di pangkalan AS yang ada di Jepang dan Spanyol. Selanjutnya, 24 sistem anti-rudal Super Standard-3 disiagakan di Rumania.

Menurut sumber tersebut, klaim bahwa ratusan sistem anti-rudal AS ditargetkan kepada Rusia dilontarkan oleh pejabat AS setelah Presiden Rusia Vladimir Putin membacakan pidato kenegaraan Kamis lalu.

Dalam pidato itu, Putin memamerkan senjata nuklir hipersonik terbaru yang tak bisa dicegat sistem pertahanan udara manapun di dunia.

(mas)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami