Internasional

Dijatuhi Empat Tuntutan, Najib Razak Nyatakan Dirinya Tidak Bersalah

BTN iklan

KUALA LUMPUR (LEI) – Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur menjatuhkan empat tuntutan terhadap mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak dalam persidangan Rabu, 4 Juli. Tuntutan tersebut merupakan bagian dari penyelidikan skandal korupsi jutaan dolar pada perusahaan investasi negara 1MDB yang dia dirikan.

Najib menyatakan dirinya tidak bersalah atas tiga tuntutan kriminal pelanggaran kepercayaan dan satu tuntutan penyalahgunaan kekuasaan terkait transaksi mencurigakan yang melibatkan SRC International, sebuah bekas unit perusahaan di bawah 1MDB. Penyelidik mengungkap adanya pemindahan dana sebesar RM42 juta (sekira Rp150 miliar) dari SRC International ke rekening milik Najib.

Tiap tuntutan memiliki hukuman hingga 20 tahun penjara, sementara tuntutan penyalahgunaan kekuasaan membawa denda sampai lima kali lipat dari nilai suap atau gratifikasi yang diterima terdakwa.

“Sebagai pejabat publik, yang merupakan perdana menteri dan menteri keuangan, Anda menggunakan posisi Anda untuk gratifikasi diri sendiri (untuk) nilai total 42 juta ringgit,” kata Jaksa Agung Tommy sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (4/7/2018).

Najib menyatakan dirinya tidak bersalah dan membantah semua tuduhan terhadap dirinya sejak berita mengenai skandal 1MDB mengemuka. Juru bicara Najib mengatakan, tuduhan mengenai SRC dan penyelidikan kasus 1MDB memiliki motif politik dan Najib akan menantang tuntutan tersebut untuk membersihkan namanya. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami