BTN iklan
Liputan

Dishub: Angkutan Lebaran di Jabar Wajib Diperiksa

GARUT, 1/6 (LEI) – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat menyatakan seluruh angkutan umum di wilayah Jawa Barat wajib diperiksa kelayakannya sebelum beroperasi mengangkut penumpang pada musim arus mudik Lebaran.

“Seluruh kendaraan yang ada di Jawa Barat akan kami periksa agar penumpang bisa merasa aman dan tidak takut terjadi kecelakaan,” kata Kepala Seksi Fasilitas Lalu Lintas UPTD LLAJ Wilayah 3 Jabar Ade Ahmad Zarkasih saat memeriksa kelayakan kendaraan bus di Terminal Guntur, Kabupaten Garut, Jumat.

Ia menuturkan, Dishub Jabar maupun dishub tingkat kota/kabupaten serta kepolisian akan memeriksa seluruh kondisi fisik maupun surat-surat kendaraan juga para sopirnya sebelum mengoperasikan kendaraan.

Tahap awal, kata dia, pemeriksaan dilakukan di Terminal Guntur Garut, selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan bus di setiap terminal di Jabar.

“Garut baru dimulai hari ini dan kami akan melakukan pemeriksaan hingga seluruh kendaraan yang ada di Garut diperiksa,” katanya.

Ia menyampaikan, pemeriksaan kendaraan itu melibatkan petugas khusus yang sudah memiliki sertifikat dalam mengetahui kelayakan kendaraan.

Kendaraan yang ditemukan tidak layak beroperasi, kata dia, tidak akan diperbolehkan mengangkut penumpang pada musim arus mudik Lebaran.

“Selain memeriksa fisik kendaraan, kami juga memeriksa fisik awak angkutannya karena mereka juga harus sehat, tidak boleh sedang sakit jasmani maupun rohani,” katanya.

Ia menambahkan, pemeriksaan kelayakan kendaraan di terminal itu setiap tahun dilaksanakan sebagai upaya pengamanan saat musim mudik Lebaran.

Pemerintah, lanjut dia, memiliki kewajiban untuk memastikan seluruh kendaraan umum yang beroperasi dalam kondisi layak sehingga penumpang merasa aman dan nyaman.

“Kami selaku petugas memiliki kewajiban untuk menciptakan keselamatan dan ketertiban juga keamanan selama musim mudik dan balik nanti,” katanya. [antara]

Sigit Pinardi

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close