LiputanNasionalTekno

Dishub Surabaya Uji Coba Aplikasi Go Parkir

BTN iklan

SURABAYA, 12/4 (LEI) – Dinas Perhubungan Kota Surabaya mulai melakukan uji coba dan sosialisasi aplikasi Go Parkir yang memudahkan para pengendara mencari tempat parkir di daerah ini.

Kepala UPTD Tempat Parkir Khusus Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya, Heri Setiawan, di Surabaya, Kamis, mengatakan aplikasi Go Parkir ini dapat diunduh melalui playstore sejak diberlakukan pada 7 April 2018.

“Aplikasi Go Parkir terdapat beberapa fitur yang bisa digunakan, yakni fitur maps (peta) yang dapat digunakan pengguna untuk melihat titik parkir terdekat dengan lokasi secara realtime,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, fitur parking slot yang memungkinkan pengguna untuk melihat slot parkir yang tersedia saat itu dan dapat melakukan pemesanan parkir. Fitur lainnya untuk pemesanan parkir, pemesanan slot parkir dapat dilakukan 1 jam sebelum kedatangan, dan maksimal pemesanan parkir inap 14 hari.

“Sedangkan untuk pembayarannya dapat dilakukan secara tunai maupun nontunai dengan transfer ke bank BCA, BRI, BNI, Mandiri, dan Bank Jatim,” kata Heri.

Heri menjelaskan cara menggunakan aplikasi itu setelah aplikasi Go Parkir diunduh lalu tinggal dibuka aplikasi Go Parkir itu, cari lokasi parkir terdekat dan melakukan pemesanan, setelah itu masukkan plat nomor dan pilih slot parkir, masukkan lama waktu parkir dan alamat bila menggunakan jasa penjemputan.

Lalu, lanjut dia, pilih metode pembayaran, tekan tombol booking apabila data benar, dan segera mengunggah bukti transfer untuk menyelesaikan pesanan. Setelah itu, tinggal tunjukkan barcode kepada petugas parkir.

“Sedangkan untuk tarif parkirnya, sementara ini masih flat, yaitu roda dua Rp2.000 dan roda empat Rp5.000. Jadi, mudah banget prosesnya,” ujarnya.

Menurut Heri, Go Parkir ini bisa digunakan di 13 lokasi tempat parkir khusus, yaitu di Gedung Siola yang dapat menampung 244 mobil dan 650 sepeda motor, Balai Pemuda dapat menampung 50 mobil dan 500 sepeda motor, Tugu Pahlawan dapat menampung 50 mobil dan 50 sepeda motor, THP Kenjeran Utara dapat menampung 20 Bus dan 150 mobil serta 250 sepeda motor, THP Kenjeran Selatan dapat menampung 65 mobil dan 450 sepeda motor.

Selain itu, di Conventional Hall dapat menampung 200 mobil dan 400 sepeda motor, Ampel menampung 53 Bus dan 150 sepeda motor, RSUD Soewandi menampung 150 sepeda motor, UPTSA menampung 24 mobil dan 90 sepeda motor, Dinas Kesehatan menampung 50 mobil dan 50 sepeda motor, Lapangan Hoki menampung 10 mobil, Lorong Gedung Siola menampung 250 sepeda motor, dan Park And Ride Mayjen Sungkono menampung 3 bus dan 115 mobil serta 120 sepeda motor.

“Gedung Park and Ride di Mayjen Sungkono ini menjadi pilot project utama kami dalam Go Parkir,” kata dia.

Namun demikian, lanjut dia, sejak diuji coba mulai 7 April 2018, baru empat lokasi tempat parkir khusus yang bisa digunakan oleh para pengguna parkir. Empat lokasi itu di Tugu Pahlawan, Gedung Balai Pemuda, UPTSA dan Park and Ride Mayjen Sungkono.

“Baru mulai Senin, 16 April 2018, Go Parkir itu bisa digunakan di 13 lokasi parkir khusus,” katanya.

Heri juga memastikan, ke depannya akan terus mengembangkan aplikasi Go Parkir itu, termasuk pula lokasi-lokasinya. Bahkan, Dishub juga berencana menggandeng penyelenggara parkir swasta untuk dimasukkan ke Go Parkir, supaya dapat menginformasikan kapasitas slot parkir yang tersedia bagi para pengguna parkir.

“Hal ini sebagaimana tertuang dalam perubahan Perda 1 Tahun 2009 yang saat ini sudah dikirim ke Provinsi Jatim,” kata dia.

Heri menambahkan, sejak dilakukan uji coba pada 7 April 2018 hingga Rabu (11/4) sudah ada sebanyak 133 pengguna yang memanfaatkan Go Parkir ini. Jumlah ini dipastikan akan terus bertambah seiring dengan sosialisasi dan publikasi yang semakin digencarkan oleh Dishub Surabaya.

“Harapannya dengan aplikasi ini bisa mendongkrak nilai Pendapatan Asli Daerah (PAD) Surabaya 2018. Tahun 2017 target pendapatan sebesar Rp4,375 miliar, di tahun 2018 kami targetkan Rp4,810 miliar,” katanya. [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

3 Komentar

  1. Have you ever thought about adding a little bit more than just
    your articles? I mean, what you say is fundamental and everything.
    However just imagine if you added some great images or videos to give your posts more, “pop”!
    Your content is excellent but with pics and clips, this website could
    undeniably be one of the most beneficial in its niche. Awesome blog!

  2. I am really loving the theme/design of your blog. Do you ever run into
    any internet browser compatibility problems? A few of my
    blog readers have complained about my website not working
    correctly in Explorer but looks great in Chrome. Do you have any recommendations to help fix this problem?

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami