Ekonomi

Disperindag-BI Gelar Sosialisasi Ikm Tingkatkan Serapan KUR

BTN iklan

Manado, LEI – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Utara bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) mengadakan sosialisasi kepada Industri Kecil Menengah (IKM) guna meningkatkan serapan kredit usaha rakyat (KUR) di daerah tersebut.

“Sosialisasi ini dirasa penting untuk dilakukan kepada IKM di Sulut sehingga bisa tahu IKm mana yang layak mendapatkan pembiayaan,” kata Deputi Direktur Divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi Buwono Budi Santoso di Manado, Selasa.

Dia mengatakan dengan kegiatan tersebut, IKM di Sulut akan mendapatkan tambahan modal dari Program KUR yang disubsidi oleh pemerintah.

“Jika KUR terserap baik oleh IKM di Sulut, akan mampu mengembangan ekonomi di daerah,” katanya.

Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan IKM Disperindag Sulut Alwy Pontoh mengatakan pihaknya berharap perbankan di Sulut mampu memberikan perhatian khusus terhadap wirausaha baru dan IKM lewat pembiayaan KUR.

“Ada begitu banyak wirausaha baru dan IKM yang telah difasilitasi oleh pemerintah, namun masih membutuhkan pembiayaan dari perbankan,” kata Alwy.

Dengan adanya Program KUR saat ini, katanya diharapkan dapat menjadi tolak ukur bagi perbankan dalam memberikan KUR kepada IKM.

“Lewat pendanaan KUR nanti, diharapkan para pelaku usaha dapat meningkatkan mutu produk dalam mengembangkan usaha,” jelasnya.

Apalagi, katanya saat ini Indonesia tengah dihadapkan dengan pasar bebas masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), sehingga pasar sangat kompetitif yang membutuhkan produk daya saing.

Kegiatan “Capacity Building” pelaku IKM dalam rangka mendorong peningkatan penyerapan KUR dibuka langsung oleh Deputi Direktur Divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi Buwono Budi Santoso dan Sekretaris Disperindag Sulut Abudullah Mokoginta.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami