InternasionalTekno

Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual Terhadap Beberapa Perempuan, Menteri India Mundur

BTN iklan

NEW DELHI (LEI) – Menteri Yunior urusan Hubungan Luar Negeri India, Mobashar Jawed Akbar mengundurkan diri dari jabatannya menyusul munculnya tuduhan pelecehan seksual dan penyerangan dari sejumlah perempuan. Mantan redaktur surat kabar terkenal itu merupakan pejabat paling terkenal yang namanya disebut dalam gerakan #MeToo di India.

Akbar dituduh telah melakukan berbagai tindakan, termasuk “perilaku predator” dan serangan seksual. Dia sebelumnya telah melayangkan gugatan hukum pencemaran nama baik terhadap jurnalis yang pertama kali menyebut namanya.

Dalam pernyataan yang dilansir BBC, Kamis (18/10/2018), Akbar mengatakan bahwa dia telah memutuskan untuk melawan “tuduhan palsu” terhadapnya dalam “kapasitas pribadinya”. Dia merasa mengundurkan diri dari jabatannya adalah hal yang pantas dilakukan.

Pengunduran diri Akbar dilakukan di tengah meningkatnya tekanan terhadap pemerintah untuk merespons tuduhan yang dialamatkan terhadapnya.

Akbar adalah salah satu redaktur paling berpengaruh di India dan telah menjadi redaktur surat kabar berbahasa Inggris berpengaruh di India seperti The Telegraph dan The Asian Age.

Namanya pertama kali disebut sehubungan dengan tuduhan pelecehan seksual pada pekan lalu oleh jurnalis Priya Ramani, yang me-retweet artikel sebuah artikel yang ditulisnya tahun lalu berjudul “To the Harvey Weinsteins of the World”. Dalam artikel itu, Ramani mengungkapkan pengalamannya saat pertama kali mengalami pelecehan di lingkungan kerja.

Ramani tidak menyebut nama siapa pun dalam karya aslinya, tetapi mengatakan dalam tweet-nya bahwa artikel yang ditulisnya itu tentang Akbar.

Sejak tweet dari Ramani, perempuan lain telah maju dengan kisah mereka sendiri, menyebut Akbar sebagai pelaku. Setidaknya satu akun anonim lainnya juga diyakini menceritakan tentang dirinya.

Akbar, yang sedang bepergian pada saat tuduhan terhadapnya berkembang, kembali ke India pada Senin dan mengajukan gugatan pencemaran nama baik terhadap Ramani.

Ramani mengatakan bahwa dia “siap” untuk melawan gugatan yang ditujukan Akbar terhadapnya. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close