Internasional

DK PBB Akan Gelar Pertemuan Bahas Serangan Kimia Suriah

BTN iklan

NEW YORK (LEI) – Dewan Keamanan PBB akan melakukan pertemuan pada Senin menyusul permintaan dari Amerika Serikat dan Rusia setelah serangan zat kimia beracun di Suriah dan ancaman Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengenai “harga mahal yang harus dibayar” terkait serangan tersebut.

Menurut keterangan beberapa diplomat yang dilansir Reuters, Senin (9/4/2018), Rusia adalah negara pertama yang meminta dilakukan pertemuan antara 15 anggota Dewan Keamanan terkait “ancaman internasional atas perdamaian dan keamanan” meski topik yang akan dibicarakan dalam pertemuan itu sendiri belum jelas.

Beberapa menit kemudian, Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Swedia, Polandia, Belanda, Kuwait, Peru dan Pantai Gading meminta pertemuan untuk membahas serangan gas beracun di Suriah. Akhirnya kesepakatan dicapai untuk menggelar satu pertemuan pada Senin.

“Dewan Keamanan harus bersatu dan menuntut akses segera untuk responden pertama, mendukung penyelidikan independen terhadap apa yang terjadi, dan meminta pertanggungjawaban mereka yang bertanggungjawab atas tindakan kejam ini,” kata Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Nikki Haley dalam pernyataannya.

Bulan lalu, Haley memperingatkan bahwa jika Dewan Keamanan PBB gagal untuk bertindak atas Suriah, Washington “tetap siap untuk bertindak jika diperlukan,” seperti yang terjadi tahun lalu ketika militer Amerika Serikat menyerang pangkalan udara pemerintah Suriah atas serangan senjata kimia mematikan.

Pemerintah Suriah membantah tuduhan pasukannya telah melakukan serangan tersebut, sementara Rusia, sekutu dekat Presiden Suriah Bashar al Assad menyebut laporan tersebut palsu.

Pernyataan bersama organisasi bantuan medis Suriah American Medical Society (SAMS) dan layanan pertahanan sipil, yang beroperasi di daerah yang dikuasai pemberontak, mengatakan 49 orang tewas dalam serangan Sabtu malam di Kota Douma, Ghouta Timur. Amerika Serikat dan pejabat lainnya mengatakan mereka bekerja pada Minggu untuk memverifikasi detail serangan itu. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

6 Komentar

  1. Undeniably believe that which you said. Your favorite reason seemed to be on the web the simplest thing to
    be aware of. I say to you, I certainly get irked while people consider
    worries that they plainly don’t know about.
    You managed to hit the nail upon the top and defined out the whole thing without having side effect ,
    people could take a signal. Will probably be back to get more.

    Thanks

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami