LiputanTekno

DLH Jakarta Kerahkan 30 Mobil Penyapu Jalan

BTN iklan

Jakarta, 31/12 (Antara) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengerahkan sebanyak 30 unit mobil penyapu jalan atau road sweeper pada perayaan malam Tahun Baru 2018.

“Selain mengerahkan ribuan pasukan oranye, para petugas kebersihan, kami juga akan mengerahkan mobil-mobil penyapu jalan. Ada 30 unit yang akan kami kerahkan,” kata Kepala DLH DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya, di Jakarta, Minggu.

Isnawa Adji mengatakan mobil-mobil penyapu jalan akan mulai dioperasikan pada pukul 02.00 WIB, Senin (1/1) dini hari sejak masyarakat yang merayakan pergantian tahun meninggalkan lokasi pusat perayaan.

Pihaknya menargetkan pada pukul 06.00 WIB, 1 Januari 2018, semua sampah sudah diangkut dan Jakarta kembali bersih.

Meski hanya memiliki kecepatan maksimum 42 kilometer per jam, kendaraan itu memiliki daya tampung sampah dengan kapasitas 6,2 meter kubik serta mampu membersihkan area seluas 105.000 meter persegi dalam waktu satu jam.

Kendaraan pembersih fungsinya setara tenaga penyapu manual sebanyak 60 orang penyapu jalan.

“Dengan teknologi generasi terakhir, tidak hanya mesin penyapu jalan biasa, namun kombinasi antara mechanical sweeper dan vacum sweeper, sehingga paku-paku di jalan pun dapat tersapu,” kata Adji.

Pihaknya mengimbau warga Jakarta untuk tidak buang sampah sembarangan selama merayakan pergantian tahun.

“Saya mengimbau dan meminta agar warga Jakarta membuang sampah di tempat sampah, membawa kantong plastik atau tempat sampah di dalam mobil,” ujar dia.

Selain mobil penyapu jalan, sebanyak 5.000 petugas kebersihan dan 15 unit mobil toilet disebar di lokasi perayaan seluruh Jakarta.

Budisantoso Budiman

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 6 =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami