Internasional

Dokter Nyatakan Trump Sehat Fisik dan Mental

BTN iklan

WASHINGTON, lei – Tim Dokter Kepresidenan Amerika Serikat (AS) menyatakan Presiden Donald Trump memiliki riwayat kesehatan yang prima usai menjalani tes kognitif beberapa waktu lalu. Akan tetapi, pria berusia 71 tahun itu diingatkan untuk mengurangi berat badan 4,5-6,8 kilogram (kg) dengan cara mengonsumsi makanan yang lebih sehat serta rutin berolahraga.

Tes kognitif itu dijalani atas permintaan Trump sendiri untuk membungkam pertanyaan mengenai kondisi kejiwaannya. Pria asal New York itu lantas mengizinkan dokter Ronny Jackson untuk merilis data hasil kesehatan yang dijalaninya serta menjawab pertanyaan dari para wartawan Gedung Putih.

“Dia berkata, ‘Saya ingin Anda keluar dan berbicara kepada mereka serta menjawab setiap pertanyaan,’” ujar Jackson seraya meniru ucapan Donald Trump, melansir dari Reuters, Rabu (17/1/2018).

Kondisi kejiwaan Trump menjadi pertanyaan besar setelah dirilisnya buku kontroversial. Presiden-Presiden AS sebelumnya juga tidak diketahui dengan pasti apakah pernah menjalani tes saat menjabat, termasuk Ronald Reagan yang setelah pensiun dinyatakan menderita penyakit alzheimer.

Presiden Donald Trump menjalani Tes Kognitif Montreal yang mencakup 30 pertanyaan. Tes tersebut berguna untuk mengetahui tanda-tanda penyakit demensia (pikun) atau Alzheimer dengan cukup akurat. Menurut Jackson, Trump mampu melewati tes tersebut dengan sempurna.

“Trump berhasil menjawab dengan baik seluruh 30 pertanyaan dengan nilai sempurna. Presiden sangat kuat secara mental, sangat teguh,” imbuh Ronny Jackson.

Sang presiden juga menjalani pemeriksaan medis pada Jumat 12 Januari di Walter Reed National Medical Center. Hasil tes menunjukkan Trump sedikit kelebihan berat badan. Tekanan darahnya diketahui normal meski kolesterol sedikit tinggi.

Dokter Ronny Jackson memastikan akan meningkatkan penggunaan obat antikolesterol bagi Trump serta meminta ahli gizi untuk bekerja sama dengan para koki guna mengontrol makanan yang dikonsumsi di Gedung Putih. Ia juga akan merancang program olahraga harian bagi sang presiden.

“Dia lebih tertarik mengenai diet daripada program olahraga, tetapi kami akan melakukan keduanya. Saya mungkin juga akan meminta bantuan Ibu Negara Melania Trump,” tutup Ronny Jackson.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami