Ekonomi

Dolar Menguat AS Turunkan Tensi Ketegangan dengan China

BTN iklan

 

JAKARTA, LEI Kurs dolar AS menguat terhadap mata uang utama pada sesi pagi, usai Amerika Serikat dan China berusaha meredakan ketegangan perang perdagangan.

Presiden Donald Trump, di sela-sela KTT G7 para pemimpin dunia di Prancis, seperti yang dikutip oleh beberapa pers di Jakarta, Selasa, mengatakan para pejabat China telah menghubungi mitra dagang AS semalam dan menawarkan untuk kembali ke meja perundingan. Wakil Perdana Menteri Liu He, yang memimpin perundingan dengan Washington, menyebutkan,China bersedia menyelesaikan sengketa perdagangan melalui negosiasi.
Sementara (ant) juga menyampaikan, dalam perdagangan sebelum pernyataan itu, yuan China telah jatuh ke level terendah 11-tahun di pasar dalam negeri dan rekor terendah di pasar luar negeri, serta dolar AS turun ke level terendah dua setengah tahun terhadap yen Jepang.

Pasar mata uang telah bereaksi terhadap pengumuman Trump pada Jumat (23/8) tentang tarif tambahan lima persen pada 550 miliar dolar AS barang-barang China yang ditargetkan, beberapa jam setelah Beijing meluncurkan tarif pembalasan atas produk-produk AS senilai 75 miliar dolar AS, mengirimkan saham ke dalam kejatuhan dan investor bergegas mencari keselamatan ke pasar obligasi.

Trump sebelumnya berusaha untuk membatasi kejatuhan dan meredakan ketegangan, membantu yuan keluar dari posisi terendahnya. Indeks dolar AS yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, pulih, naik 0,45 persen menjadi 98,0843 pada akhir perdagangan.

“Ini seperti roller coaster. Dolar AS dibuka cukup lemah di Asia pada Senin (26/8/2019). Kemudian sejumlah hal telah terjadi untuk membalikkan itu termasuk dolar/yuan terdorong lebih tinggi,” kata Daniel Katzive, kepala strategi valuta asing untuk Amerika Utara di BNP Paribas,” kata sebuah sumber.

**dw**

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami