EkonomiEntertainmentEventFinansialOpini

DP 0% ditengah Pandemi

Bank Indonesia melakukan pemangkasan uang muka 0%

BTN iklan

Bank Indonesia telah mengumumkan adanya pemangkasan uang muka kredit kendaraan bermotor berwawasan lingkungan menjadi nol %. Ditengah Pandemi covid-19 yang belum usai, minat membeli kendaraan di prediksi masih lemah dikarenakan banyak masyarakat yang mengalami PHK dan pengurangan gaji ataupun pemutusan kontrak.

Kebijakan yang akan berlaku pada tanggal 1Oktober 2020 itu meliputi beberapa jenis kendaraan, seperti kendaraan roda 2 dengan down payment (DP) 10% menjadi 0%, kendaraan roda 4 atau lebih yang produktif dari 5% menjadi 0%. Bank Indonesia memiliki inovasi dalam menarik simpati masyarakat untuk memutarkan kembali roda perekonomian di Indonesia dengan menggunakan metode pemberian dp 0%.
Tak sembarangan dengan kebijakan ini. Disebut sebut kebijakan ini tetap memperhatikan pirnsip kehati-hatian, termasuk hanya berlaku bagi bank-bank yang memiliki rasio kredit bermasalah (non-performing loan/NPL) di bawah 5 persen.

Showrum mobil

Menanggapi hal tersebut, Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah mengatakan ketentuan tersebut diprediksi tidak akan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan konsumsi

Pasalnya, dia menilai minat masyarakat untuk membeli kendaraan masih terkendala turunnya income dan kekhawatiran akan pandemi
“Walau DP nol persen, penyaluran kredit tetap akan rendah,” kata Pieter

Sementara menurut Direktur Konsumer BRI Handayani, peluang bergairahnya konsumsi masyarakat karena ketentuan ini masih sangat bisa terjadi

“Kan masih akan dilaksanakan Oktober nanti, ya dilihat nanti Oktober lah, jangan mengambil kesimpulan negatif dulu,” kata dia.

Melihat strategi ini Redaktor memprediksi akan adanya penambahan atau penyerapan daya beli yang tinggi dan terbantunya masyarakat yang menunggak dalam pembayaran akan terbantu dengan adanya program ini.

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami