Liputan

DPR: KPU-Bawaslu Harus Benahi Internal Atasi Suap

BTN iklan

Jakarta, 27/2 (Antara) – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) membenahi internal secara menyeluruh pascapenangkapan dua oknum penyelenggara Pemilu di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

“Pimpinan DPR meminta Komisi II DPR mendorong KPU dan Bawaslu untuk melakukan pembenahan internal secara menyeluruh, mengingat kasus tersebut telah mencoreng penyelenggaraan pemilu di Indonesia,” kata Bambang dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Bambang meminta Komisi II DPR mendorong KPU dan Bawaslu Pusat menindaklanjuti kasus tersebut dengan melakukan evaluasi pada tiga fokus besar.

Dia menjelaskan tiga fokus itu adalah pertama, transparansi dan akuntabilitas proses pencalonan; kedua, terkait kinerja penyelenggara pilkada di setiap tingkatan; dan ketiga, mengevaluasi ulang secara cepat proses pencalonan Pilkada Serentak 2018.

“Hal itu untuk mencegah kasus serupa terulang, serta meyakinkan masyarakat bahwa kasus di Garut tidak terjadi di daerah lainnya,” ujarnya.

Bambang meminta Komisi II DPR mendorong KPU untuk proaktif membantu pengungkapan kasus penangkapan Komisioner KPU dan Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Garut tersebut.

Selain itu dia juga mengimbau KPU dan Bawaslu dalam hal seleksi penyelenggara pemilu agar dilakukan dengan mengedepankan asas profesionalitas, meritokrasi, dan berintegrasi.

Sebelumnya Ketua Panwaslu Kabupaten Garut, Jawa Barat, Heri Hasan Basri, dan Komisioner KPU Garut, Ade Sudrajat, ditangkap polisi pada Sabtu (24/2).

Keduanya ditangkap karena diduga telah menerima suap dalam bentuk uang dan mobil dari seorang calon bupati. Mereka berdua ditangkap petugas dari Tim Satgas Anti Money Politics Bareskrim Mabes Polri dan Satgasda Polda Jawa Barat, serta Polres Garut.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × three =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami