LiputanNasionalPolitik

DPR Yakin Target Prolegnas 2018 Dapat Tercapai

BTN iklan

Jakarta/Lei-  Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan optimis target Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas 2018 sebanyak 50 Rancangan Undang-Undang dapat terpenuhi.

Dia meyakini 50 RUU yang masuk daftar Prolegnas prioritas 2018 merupakan kesepakatan bersama antara DPR dengan pemerintah dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Menurut dia hal itu dalam posisi optimalisasi target Prolegnas yang jumlahnya mencapai 50 RUU.

Selain itu Taufik tidak mempermasalahkan mengapa UU nomor 16 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) karena ketika daftar Prolegnas prioritas 2018 diputuskan, UU tersebut belum ada nomornya.

Karena itu menurut dia sudah disepakati antara DPR, DPD, dan pemerintah bahwa tiga bulan kedepan dilakukan revisi daftar Prolegnas prioritas 2018.

Sebelumnya, Rapat Paripurna DPR menyetujui 50 Rancangan Undang-Undang masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas 2018, terdiri dari 31 RUU usulan DPR, 16 RUU usulan pemerintah, dan tiga RUU usulan DPD.

Setelah itu seluruh anggota DPR yang hadir dalam Rapat Paripurna tersebut menyatakan setuju terhadap laporan Baleg tersebut.

Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas dalam Rapat Paripurna tersebut mengatakan dari 50 RUU yang masuk Prolegnas 2018, 47 diantaranya adalah limpahan dari Prolegnas 2017.

Menurut dia, hanya tiga RUU yang baru yaitu RUU tentang Pengawasan Obat dan Makanan, RUU Penyadapan, dan RUU tentang Sistem Pendidikan Kedokteran.

Selain itu Supratman mengatakan hampir semua fraksi mengusulkan agar UU Ormas masuk dalam Prolegnas 2018 termasuk Partai Gerindra.

Perlihatkan Lebih

Related Articles

Close