Hukum

Dua Anak Usaha Sujaya Group Tagih Hutang

BTN iklan

JAKARTA — HSBC Banking Corporation Ltd mendesak dua anak usaha Sujaya Group untuk merestrukturisasi utang yang diklaim telah jatuh waktu dan dapat ditagih senilai total Rp685,12 miliar.

Dalam berkas yang diajukan ke pengadilan, perkara No. 104/Pdt.Sus-PKPU/2016/PN.Niaga.Jkt.Pst itu HSBC diwakili oleh kuasa hukum Swandy Halim, Perkara masuk sejak 21 September 2016.

Adapun, dua anak usaha Sujaya Group yang dimohonkan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) ke pengadilan adalah PT Bintang Jaya Proteina Feedmill selaku termohon I dan PT Sinka Sinye Agrotama jadi termohon II, sedangkan Tetiono yang merupakan penjamin jadi termohon III.

“Total utang termohon I mencapai Rp622,26 miliar, sedangkan termohon II sebesar Rp62,86 miliar,” tulis Swandy dalam berkas yang diperoleh

Pemohon mengaku memberikan fasilitas perbankan korporasi kepada termohon I pada 11 Januari 2012 dengan perincian pembiayaan supplier sebesar Rp158,02 miliar, pinjaman berulang sebesar Rp47,82 miliar, fasilitas cerukan (overdraft) Rp47,1 miliar, dan pinjaman dengan cicilan tidak tetap Rp300 miliar.

Namun, hingga batas jatuh waktu termohon I tidak melakukan pelunasan utang pada 6 September 2016. Kelalaian tersebut telah mendapatkan peringatan dari pemohon dengan jumlah tagihan yang mencapai Rp622,26 miliar setelah ditambahkan bunga dan denda.

Dia menjelaskan mengenai utang dari termohon II berdasarkan perjanjian pemberian fasilitas perbankan korporasi pada11 Januari 2012 dengan perincian pembiayaan supplier sebesar Rp24,85 miliar, pinjaman berulang sebesar Rp16,39 miliar, dan fasilitas cerukan (overdraft) Rp14,29 miliar.

Total utang termohon II setelah ditambahkan bunga dan denda hingga 6 September 2016 yakni senilai Rp62,86 miliar. Pemohon sebelumnya juga telah melayangkan surat pernyataan gagal bayar dan peringatan.

Swandy menuturkan termohon II merupakan penjamin perusahaan (corporate guarantee) dari termohon I dan telah melepaskan hak-hak istimewanya selaku penjamin. Selain itu, termohon III dicantumkan dalam berkas permohonan karena merupakan penjamin pribadi (personal guarantee) dari termohon II.

Sebagai penjamin, lanjutnya, sesuai ketentuan Pasal 1832 Kitab Undang-undang Hukum Perdata, pemohon dapat langsung meminta pertanggungjawaban atas utang yang telah jatuh waktu dan dapat ditagih.

Guna melengkapi persyaratan permohonan PKPU, pemohon mencantumkan kreditur lain dari para termohon. Kreditur lain termohon I yakni PT Bank Ekonomi Raharja Tbk., PT Bank Permata Tbk., dan PT Bank Muamalat Indonesia.

Adapun, termohon II memiliki PT Bank Rabobank International Indonesia, PT Bank ICBC Indonesia, dan PT Bank Central Asia Tbk.. Menurutnya, syarat debitur harus memiliki lebih dari satu kreditur telah terpenuhi.

Sehubungan dengan putusan PKPU, pemohon mengusulkan dua orang calon pengurus yakni Mardiansyah dan Djawoto Jowono.

SIAPKAN JAWABAN

Dalam kesempatan yang sama, kuasa hukum para termohon Aji Wijaya mengaku baru mendapatkan surat kuasa dari prinsipal. Berkas permohonan juga belum sempat untuk dipelajari.

“Saya belum bisa memberikan komentar, tunggu saat agenda jawaban saja,” kata Aji seusai persidangan pertama.

Dalam persidangan, majelis hakim telah memeriksa dan menerima kedudukan hukum dari para pihak. Pemohon juga telah menghadirkan sejumlah kreditur lain yakni Bank Muamalat, Bank Ekonomi Raharja, dan Bank Mayora.

Agenda persidangan selanjutnya yakni jawaban serta pemeriksaan bukti para pihak akan dilaksanakan pada 11 Oktober 2016.

Sujaya Group merupakan perusahaan multi nasional yang berbasis di Kalimantan Barat. Adapun, usaha yang dikerjakan meliputi industri pakan ternak (feedmill), pembibitan (breeding farm), budidaya ayam pedaging (broiler farm), rumah potong ayam, dan pengolahan daging ayam (slaughter house and meat processing plant).(bisnis.c0m)

Perlihatkan Lebih

2 Comments

  1. 970705 196197In case you are interested in picture a alter in distinct llife, starting up generally the Los angeles Surgical procedures fat reduction method is really a large movement as a way to accomplishing which usually notion. lose belly fat 694084

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami