HukumLiputanNasional

Dua Pakar IPB Digugat Triliunan Rupiah

BTN iklan

Jakarta/LEI- Dua pakar IPB, Prof Bambang Hero Saharjo dan Dr Basuki Wasis digugat dengan total Rp 3,51 triliun. Bambang digugat oleh pembakar hutan PT JJP, sedangkan Basuki oleh terdakwa korupsi Nur Alam yang telah divonis 15 tahun penjara.

Salah satu ahli yang selama ini aktif mendukung penegakan hukum KLHK adalah Prof Bambang Hero Saharjo dari IPB. Prof Bambang telah menjadi ahli dalam 24 kasus termasuk kasus karhutla PT Jatim Jaya Perkasa.

Bambang diminta menjadi ahli untuk menganalisa berbagai kebakaran di Indonesia. Salah satunya di Riau yang di atas lahan PT JJP.

Dalam sidang di PN Jakut, Bambang menyatakan PTT JJP yang menyebabkan kebakaran

Hakim mengamini dan meyakini kebenaran kesaksian Bambang dan menghukum PT JJP Rp 500 miliar.

Tidak terima, PT JJP menggugat Bambang sebesar Rp 510 miliar, yaitu Rp 10 miliar untuk kerugian materil dan Rp 500 miliar untuk kerugian immateril.

Adapun Basuki, merupakan ahli silvikultur dengan gelar Dr Ir MS dan dosen tetap untuk jurusan Pengelolaan Nutrisi Hutan, Pengelolaan Kualitas Tempat Tumbuh.

Gugatan ke Basuki gara-gara ia menjadi saksi ahli KPK dan mengeluarkan surat pada 4 Oktober 2017. Surat itu berupa hasil Laporan Perhitungan Kerugian Akibat Kerusakan Tanah dan Lingkungan Akibat Pertambangan PT AHB Kabupaten Buton dan Kabupaten Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close