Internasional

Dubes AS untuk PBB Serukan Sidang Darurat Bahas Kericuhan di Iran

BTN iklan

NEW YORK, Lei – Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Nikki Haley menyarankan untuk menggelar sidang darurat guna membahas masalah Iran. Dubes Haley meminta masyarakat internasional untuk berbicara mengenai demonstrasi yang sedang berlangsung di Iran dan situasi yang semakin tidak kondusif di sana.

“Orang-orang Iran menangis karena kebebasan. Semua orang yang mencintai kebebasan harus berdiri dengan tujuan mereka,” ujar Haley sebagaimana dikutip dari Strait Times, Rabu (3/1/2017).

Dubes Haley menambahkan bahwa kini Otoritas Negeri Paman Sam akan mendorong diselenggarakannya sidang oleh Dewan Keamanan (DK) PBB dan Komisi Hak Asasi Manusia PBB yang berbasis di Jenewa dalam beberapa hari mendatang. Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Dubes Haley juga membantah tudingan dari Pemerintah Iran.

Sebelumnya, Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei menuding negara musuh yakni AS telah terlibat dalam mendorong massa melakukan demonstrasi. Baik AS dan negara sekutunya seperti Israel dituding terlalu banyak ikut campur dalam urusan dalam negeri Iran. Dubes Haley menyebut tudiangan-tudingan tersebut merupakan sebuah omong kosong.

“Kebebasan jelas tercantum dalam piagam PBB dan ini diabaikan oleh Iran. Puluhan orang terbunuh dan ratusan lainnya ditangkap. Jika dilihat dari sejarah kediktatoran Iran maka kita mungkin saja akan melihat pelanggaran yang lebih keterlaluan di masa yang akan datang,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, aksi demonstrasi telah berlangsung selama lima hari lamanya di Iran. Sedikitnya 20 orang tewas dan 450 lainnya ditangkap pihak berwenang.

Gelombang demonstrasi anti-pemerintah di Iran awalnya merupakan bentuk kekecewaan atas kesulitan ekonomi dan dugaan korupsi, paling serius sejak pergolakan beberapa bulan pada 2009 yang terjadi setelah terpilihnya kembali Presiden waktu itu, Mahmoud Ahmadinejad.

Namun aksi demo tersebut berlanjut menjadi desakan agar meminta Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei mengundurkan diri. Aksi demonstrasi kali ini merupakan tantangan paling berani yang dilakukan warga Iran terhadap pemimpin mereka selama bertahun-tahun.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × four =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami